Worksho di LIPI 1

LIPI bekerjasama dengan British Council mengadakan workshop untuk para guru dan akademisi yang bergerak di bidang science. Workshop tersebut berlangsung selama dua hari, Selasa-Rabu 25-26 Agustus 2015. Kegiatan pada hari pertama diisi oleh pembicara dari British Council yaitu Debby dan Gate. Mereka adalah praktisi science yang sudah lama berkecimpung di dunia pendidikan. Dalam pemaparannya mereka lebih menekankan pada ilmu science secara praktis dan sederhana, bagaimana guru dapat memberikan aktivitas yang menarik dengan alat peraga kepada siswanya.
Kegiatan pada hari kedua diisi oleh pembicara dari Intel Processor. Kegiatan tersebut berbicara mengenai “Intel Educate Future Scientist”. Secara umum kegiatan pada hari kedua adalah memberikan contoh kepada guru/praktisi pendidikan untuk dapat melibatkan siswanya secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Sudah saatnya siswa diberi banyak ruang untuk melakukan observasi dan eksplorasi. Guru, dalam hal ini peserta workshop dibagi ke dalam beberrapa kelompok kemudian melakukan beberapa kegiatan seperti membuat gasing dari bahan dan alat sederhana seperti pensil, kertas, sealtape, jangka, dan gunting. Setelah itu kegiatan berlanjut dengan membuat perahu sederhana dari alumunium foil. Peserta diminta untuk membuat perahu dari alumunium foil. Perahu tersebut harus dapat menampung banyak bahan seperti beberapa kelerang, bola tenis, roti, dan air minum gelas kemasan. Cerdas cermat yang terkait dengan materi dalam presentasi menjadi akhir dari penutup kegiatan di hari kedua.

Batrisy & Ivan

Batrisyia (VIII) & Mafazan (VII) peserta Workshop dari SMP Internat Al Kausar.

 

Adapaun rangkaian kegiatan tersebut berbarengan dengan pelatihan untuk siswa “Workshop Penyusunan Karya Tulis Ilmiah se-Jabodetabek”. Kegiatan tersebut juga berlangsung selama dua hari. Siswa dibimbing oleh para dosen dan praktisi pendidikan yang sudah ahli di bidang penelitian untuk mendapatkan bimbingan langsung mengenai penyusunan karya tulis. Siswa diminta untuk membuat rencana inovasi mereka sendiri yang kemudian dibimbing langsung oleh para dosen.
Kegiatan workshop tersebut merupakan rangkaian acara kegiatan LKIR dan NYIA yang diadakan oleh LIPI. LIPI memberikan ruang penuh kepada para siswa dan praktisi pendidikan untuk terus dapat berkarya dan berinovasi.