19601588_473830659644351_193985125377357683_n

Hari Libur bukan menjadi penghalang untuk selalu belajar. Bapak H. Bahar Sungkowo S.Pd M.Pd mendapat undangan untuk mengikuti workshop Literasi bagi guru berprestasi SMP yang diadakan di hotel Millenium, Tanah Abang Jakarta yang dilaksanakan tanggal 4 sampai 8 Juli 2017.

Meskipun libur, Pak Bahar tetap menghadiri undangan workshop dari Kesharlindung Kemendikbud RI. Kegiatanworkshop ini berkaitan dengan bagaimana guru mampu menulis buku tentang pendidikan seperti cerita pendek (cerpen) atau novel yang mengandung 3 aspek pendidikan yakni : Pendidikan Karakter (penguatan pendidikan karakter), 4C (Critical Thinking, Collaborating, communicating and creativity), dan HOTS.

Materi-materi yang diberikan meliputi :
a. PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia)
b. Menulis Kreatif
c. Klinik Menulis
d. Proses Kreatif
e. Kebijakan pemerintah berkaitan dengan Gerakan Literasi Sekolah.
Setelah workshop ini, ada RTL (Realisasi Tindak Lanjut) berupa bimbingan Online, selama 1 bulan kemudian diundang kembali untuk menyempurnakan buku dan mempresentasikan tulisannya sebagai ajang seleksi naskah untuk dijadikan buku pengayaan sebagai penunjang GLS . Pak Bahar menyusun buku dengan judul “Berani Jadi Kidpreneur; Penumbuhan Sifat Entrepreneurship pada Siswa SMP“. Semoga  buku pak Bahar ini dapat selesai dengan baik. Amin (BSW).