53b1233d-0491-4cd3-b3e4-5505fd07dca7

Untuk mewujudkan calon pemimpin masa depan yang berkepribadian Islami, perlu dilakukan upaya serius untuk mencapai tujuan mulia tersebut. Sebagai wujud kongkrit upaya tersebut SMP Internat Al Kausar dan SMA Insan Cendekia Al Kausar, mempunyai target untuk menjadikan anak didiknya agar senantiasa dekat dengan Al Quran. Salah satu hal yang menjadi target sekolah yaitu pada penguasaan bacaan Al Quran (tahsin tilawah) dengan predikat baik. Sementara untuk tahfizh (hafalan), Al Kausar mewajibkan peserta didiknya untuk menghafal juz 30 dan 5 surat pilihan yang setara dengan 1 juz (Surat As Sajadah, Yasiin, Ad Dukhan, Al Waqiah dan surat Al Mulk).

Alhamdulillah, target penguasaan tahsin dan tahfizh murid Al Kausar tahun ini mencapai predikat baik. Bahkan sekolah telah menyediakan waktu khusus untuk murid-murid yang memiliki minat untuk menghafal Al Quran. Sejumlah murid telah mencapai hafalan yang cukup menggembirakan yaitu :

  1. Enrizky Brillian Suharno (VII) : 14 Juz
  2. Rohimah Dinah Al Kautsar (X) : 12 Juz
  3. Farah Nabila Hasan (X) : 11 Juz
  4. Asmarani Syifa Sakira (X) : 11 Juz
  5. Charma Fathiya (XII) : 11 Juz

Wisuda Al Quran 2 dilaksanakan dalam rangka mengagungkan bulan Ramadhan dan wujud apresiasi bagi murid yang telah mencapai target, besar harapan sekolah dengan adanya agenda wisuda Al Quran ini agar murid lebih semangat lagi dalam menghafal ayat Al Quran. Adapun jumlah siswa yang diwisuda sebanyak 178 murid dengan kategori lulus tahsin dan tahfizh yang dilaksanakan pada tanggal 10 Juni 2017 bertepatan dengan 15 Ramadhan 1438 H. Acara wisuda Al Quran 2 yang bertemakan “Hafizkan dirimu maka Allah akan hapuskan kesulitanmu” juga dimeriahkan oleh KH. Drs. Muhammad Surdin salah satu pimpinan pesantren dari Tangerang. Dalam tausiahnya beliau menekankan pentingnya pendidikan Al Quran untuk mewujudkan generasi qurani yang berkepribadian islami menguasai iptek, terampil dan mandiri.

Dengan memiliki bekal hafalan yang cukup dan mahir dalam membaca Al Quran, diharapkan lulusan Al Kausar Boarding School mampu membawa perubahan ke arah yang lebih baik di masa yang akan datang dengan berpedoman pada Al Quran dan Hadist. Karena dengan cara membaca, menghafal, mentadabburi, dan mengamalkan kandungan Al Quran maka kejayaan islam akan kembali diraih seperti generasi terdahulu yang telah menorehkan tinta emasnya, seperti Muhammad Al Faatih dan ulama yang setara dengannya.

Acara wisuda Al Quran 2 juga sekaligus mengakhiri agenda murid di akhir semester kedua ini. Pada hari yang sama murid yang telah diwisuda dapat melihat hasil belajar nya selama semester 2, dan mereka diberikan kesempatan untuk bercengkarama dengan orang tuanya masing-masing selama kurang lebih 1 bulan. Murid-murid akan kembali ke Al Kausar pada tanggal 17 Juli 2017. (abd)

ec3a9bb3-7368-4606-8ed6-746608de1c4b