Menjelang Ramadhan tahun 1442 OSIS Al Kausar Boarding School mengundang motivator, dosen, sekaligus da’i Ust Ahmad Faris BQ, Lc, M.Si sebagai narasumber tunggal dalam Tarhib Ramadhan 1442 yang berlangsung secara virtual, Jumat 09 April 2021. Alhamdulillah seluruh siswa SMP & SMA Al Kausar Boarding School mengikuti melalui media ZOOM, demikian juga Ibu Bapak Guru turut aktif dalam acara ini.

Agenda yang diadakan oleh Kementrian IMTAK ini diawali dengan Kepala Sekolah dan Tilawah Al Quran. Acara dipandu oleh Uadifa Cahyapropa Siswoyo, siswi kelas VIII, kemudian pada sesi sajian materi, Seprilia Arrum, siswi kelas XI bertindak sebagai moderator. Dalam acara tahunan menjelang bulan mulia ini – alhamdulillah– banyak memberi wawasan tentang persiapan menjelang Ramadhan. Secara khusus Ust Faris menekankan pentingnya memasuki bulan yang sangat agung dan mulia ini. Beliau mengibaratkan pada bagaimana Allah SWT mempersiapkan rasulullah SAW sebelum diangkay menjadi Utusan-Nya dengan sangat matang dipersiapkan segala sesuatunya agar misi itu berjalan dengan baik.

Ujar Ust Faris, bulan Ramadhan mengandung pesan tranformatif yang eratnya dengan prinsip beragama. Ramadhan memberi isyarat bahwa Alloh bersama kita ; sebagai contoh ketika ada makanan dan minuman di rumah saat sendiri, kita tidak mau memakan dan meminumnya karena merasa ada pengawasan Alloh. Keyakinan bahwa Alloh hadir dalam kehidupan kita inilah yang akan membuat hidup kita lebih tenang. Oleh karena itu, selayaknya pesan ini kemudian mendarahdaging dalam diri seorang mukmin hingga setelah Ramadhan.

Selain penyampaian materi persiapan Ramadhan, agenda Tarhib ini juga diisi dengan sosialisasi kegiatan selama Ramadhan 1442. Ust Iim Nurhalim, Ibu Windarningsih, dan Ust Sandy Husein Abdulloh secara bergantian menyampaikan teknis kegiatan pembelajaran dan tata laksana ubudiyah selama Ramadhan. Semoga civitas Al Kausar Boarding School mampu memanfaatkan bulan mulia ini dengan melaksanakan aktifitas ibadah yang beragam, berkualitas, dan bernilai akhirat. Amin yaa Rabb (oir)