Alka Nyunda merupakan kegiatan tahunan di Al Kausar Boarding School, sebagai model pembelajaran Bahasa & Budaya Sunda bagi siswa-siswi kelas 7, 8, 9, dan 10. Pada semester pertama ini, mata pelajaran Sunda menitikberatkan pada siswa-siswi untuk mengenal ragam budaya Sunda mulai dari bahasa hingga seni dan permainan tradisional.

Alka Nyunda 2018 yang dilaksanakan pada Kamis 22 November 2018 diikuti oleh 94 siswa dan 68 siswi dari kelas 7 hingga kelas 10 didampingi oleh 20 guru. Dimulai dengan pembukaan agenda pada pukul 07.00-08.30, kegiatan Alka Nyunda kemudian dilanjutkan dengan sesi perkenalan kelompok kelas. Dengan berbagai kreativitasnya, siswa dan siswa berhasil memukau hadirin terutama guru-guru pendamping. Cara mereka memperkenalkan diri yang dibumbui dengan bahasa Sunda cukup unik dan menarik, justru karena mayoritas siswa bukan berasal dari Jawa Barat.

Panitia yang sekaligus penanggungjawab mata pelajaran Bahasa Sunda mengemas acara ini dengan berbagai macam bentuk, diantaranya adalah lomba lomba permainan tradisional (sondah, sorodot gaplok, & bakiak), lomba bahasa (menyusun kalimat & mengucap kecap Sunda), tebak tembang Sunda, dan presentasi pembuatan makanan dan minuman khas Sunda. Tak kalah menariknya, juga disuguhkan berbagai macam makanan & minuman khas Sunda yang bisa dinikmati para peserta dan guru.

Di sesi siang hari pada pukul 13.00-14.45, para peserta Alka Nyunda menyaksikan bersama film Sunda berjudul “Kabayan jadi Milyuner“. Film yang berlatar wilayah Bandung bekultur budaya Sunda ini dimaksudkan agar siswa siswi mendapat pengetahuan visual tentang Sunda termasuk aksen bahasa orang Sunda.

Di penghujung agenda, pada sesi penutupan Alka Nyunda diumumkan kelompok kelas dan peserta terbaik. Setelah melalui 7 pos lomba, para juri bersepakat menetapkan Kelas 9,2 sebagai kelompok terbaik pertama, disusul Kelas 9.1, dan Kelas 10.IPS. Sedangkan siswa peserta terbaik selama kegiatan ini terpilih : Muhammad Kharis Wicaksono (kelas 7), Rifky Aji Putra Pamungkas (8), Bebitha Nazelia Adinata (9), dan Akhdan Abdulhakim Awdy  (10). (wah)