Senin, 12 November 2018 seluruh civitas akademika Al Kausar Boadring School mengadakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November. Meski tidak bertepatan dengan tanggal semestinya, karena berbarengan dengan agenda libur reguler, namun Al Kausar tetap memeperingati hari besar nasional ini dengan penuh hikmat.

Bertindak sebagai pembina upacara Ibu Dra Windarningsih, kepala SMP Internat Al Kausar. Menurut Ibu Windar dalam amanatnya, pahlawan adalah orang yang setidaknya memiliki 2 sifat utama, yakni berani karena benar dan rela berkorban. Banyak contoh pahlawan yang sudah membuktikan kedua sifat besar itu, maka kita mendengar ada pahlawan kemerdekaan, pahlawan kemanusiaan, pahlawan devisa, pahlawan tanpa tanda jasa, dll. Bahkan jika ada siswa berprestasi, siswa berjuang untuk kepentingan bersama, maka mereka pun layak menjandang gelar ini.

Di penghujung upacara, tampilĀ Fauzan Al Ghazali (kelas X) dan Yohana Farrih Margaretha (XI) menyampaikan orasi kepahlawanan di hadapan peserta upacara. Dengan semangatnya yang membara, Yohana yang pekan lalu keluar sebagai juara 3 lomba khitobah Bahasa Arab di Al Bayan mengajak kawan-kawan siswa untuk tampil menjadi pejuang bangsa sebagaimana dahulu para pemuda masa kemerdekaan yang dengan kerelaannya memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. (wah)