Selasa, 4 Februari 2020, bertempat di Al Kausar Boarding School dilaksanakan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI). KegiatanĀ  tersebut merupakan bentuk implementasi dalam memenuhi standar kompetensi lulusan siswa Al Kausar. Bagian yang melatarbelakinginya adalah standar kompetensi lulusan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Siswa Al Kausar diharapkan dapat menerapkan keterampilan berbahasa Indonesia yang dapat membantu proses belajar dan pembentukan karakter. Selain itu, secara khusus siswa diharapkan dapat menguasai keterampilan mendengarkan, merespons kaidah (ejaan), membaca, dan menulis.

Pelaksanaan UKBI diprakarsai oleh SMP Internat Al Kausar dan SMA Insan Cendekia Al Kausar bekerja sama dengan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud. Adapun peserta yang terlibat dalam UKBI ini adalah siswa-siswi kelas IX dan kelas XII. Tiga puluh satu orang siswa SMP dan empat puluh lima siswa SMA. Rangkaian kegiatan UKBI dimulai dengan sosialisasi oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud. Siswa Al Kausar diperkenalkan empat keterampilan bahasa yang akan diujikan yaitu mendengarkan, merespons kaidah, membaca, dan menulis. Keempat keterampilan tersebut diujikan selama dua jam dari pukul 10.00-12.00.

Diharapkan dengan adanya pelaksanaan UKBI ini dapat menumbuhkan rasa bangga dan cinta akan bahasa Indonesia. Bahasa yang menjadi alat pemersatu bangsa. Bahasa yang mengajarkan kesantunan dan kecerdasan berpikir. Selain itu, siswa dapat menguasai empat keterampilan berbahasa pada level unggul. Hal ini sebagaimana tertulis dalam standar kompetensi lulusan siswa Al Kausar. (mn)