ALKA – Pada 26-27 September 2019, dua guru Bahasa Indonesia Al Kausar Boarding School ; Muhamad Nurul, S.Pd. dan Rahma Nursafitri, S.Pd. mengikuti Uji Coba Modul Kiat-Kiat Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) yang berlangsung di Aula Sasadu, Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

Uji Coba Modul Kiat-Kiat Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) dilaksanakan sebagai wujud komitmen Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan membantu calon peserta mempersiapkan diri mengikuti UKBI. Diharapkan setelah tersusun/tersedianya Modul Kiat-Kiat Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia dapat memberikan hasil terbaik terhadap kualitas kemahiran berbahasa indonesia baik bagi penutur asli bahasa Indonesia (pelajar, mahasiswa, tenaga pendidik, dan kalangan profesional lainnya) maupun warga negara asing yang menetap atau akan bekerja di Indonesia

Kegiatan Uji Coba Modul Kiat-Kiat Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) ini diprakarsai oleh Pusat Pembinaaan Bahasa dan  Sastra yang dipimpin oleh Dr. Tengku Syarfina, M.Hum. Adapun pembicaranya berjumlah delapan orang, diantaranya Dr. Tengku Syarfina, M.Hum., Dewi Nastiti Lestariningsih, M.Pd., Kity Karenisa, M.A., Wena Wiraksih, S.Pd.I., Kaniah, M.Pd., Wenny Oktavia, M.A., Febyasti  Davela Ramadini, S.S., dan Laveta Pamela  Rianas, S.S. Sedangkan peserta kegiatan terdiri dari kalangan mahasiswa, guru, dosen, dan warga negara asing yang tinggal/bekerja di Indonesia.

Kegiatan Uji Coba Modul Kiat-Kiat Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) dimulai dengan pembukaan pukul 08.00 dipandu oleh pembawa acara. Acara pembukaan diisi dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, laporan panitia, sambutan kepala Pusat Pembinaaan Bahasa dan  Sastra, dan diakhiri doa bersama. Selanjutnya, hari pertama ada penyampaian materi kemampuan reseptif UKBI (seksi merespons kaidah) dan kemampuan produktif UKBI (seksi menulis dan berbicara). Pada hari kedua, disampaikan lagi materi kemampuan reseptif UKBI yaitu seksi mendengarkan (dialog dan monolog) dan diakhiri dengan materi seksi membaca. Keseluruhan materi merupakan bagian penting dari UKBI dan dapat memberikan pengetahuan serta pemahaman bagi peserta yang nantinya akan mengikuti UKBI.

Selama kegiatan berlangsung, peserta terlibat aktif dalam praktik latihan soal UKBI, memberikan pendapat, dan perbaikan terhadap  Naskah Uji Coba Modul Kiat-Kiat UKBI. Akhirnya, kegiatan Uji Coba Modul Kiat-Kiat UKBI berakhir pada pukul 16.00 tepatnya pada tanggal 27 September 2019. Panitia mengucapkan terima kasih atas partisipasi aktif dari seluruh peserta. Sebelum beranjak dari tempat kegiatan, panitia dan peserta pun melakukan foto bersama. (mn)