2017.10.25 Ohara 2

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Tim LKTI SMP Internat Al-Kausar yang dimotori oleh Jessenia Narsya, Azkiya Ramadina, dan Vania Thari Anderi Perangin-angin telah mengantarkan mereka maju menjadi Finalis Lomba Karya Tulis Ilmiah Olimpiade Humaniora Nusantara.

Penelitian mereka mengangkat masalah sikap toleransi dan tenggang rasa yang sudah luntur dikalangan generasi muda bangsa ini. Disampaikan dengan media magnet interaktif atau MIA BERMAIN pada siswa kelas V dan VI SD Negeri Babakan Jaya I, penelitian ini ingin meningkatkan pengetahuan siswa berkaitan dengan sikap toleransi dan tenggangrasa siswa tersebut.

Pada babak Final LKTI Ohara 2017, Jesse, Dina dan Vania harus berhadapan dengan lawan-lawan yang hebat-hebat berasal dari Depok Cinere, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara, Jakarta, Bogor, Sukabumi dan Magelang yang semua finalis berjumlah 10 Tim. Bukan hanya berhadapan dengan siswa selevel SMP, tapi ketiga anggota PELITA ini juga berhadapan dengan siswa SMA yang sudah kelas XII, Masya Allah. Judul Penelitian mereka adalah “ Penggunaan Mia Bermain (Media Berbasis Magnet Interaktif) dalam upaya penguatan karakter tenggang rasa dan toleransi pada Siswa SD” ini akhirnya hanya meraih prestasi Finalis Nasional. Pemenang dalam Lomba ini adalah : Juara 1 SMA Negeri 1 Kalimantan Utara, dengan produk Mie Sedu (Mie Sehat dari Mengkudu), Juara II MAN Samarinda dengan penelitian mengenai anak Basarangan (anak Punk) dan Juara III adalah SMAK Nusa Bangsa Bogor  dengan produk Bolu dari kulit Pisang.

Menurut pembimbing Tim LKTI, Bapak Bahar Sungkowo S.Pd M.Pd, penampilan Jesse dkk sudah cukup baik, namun lawan-lawannya sudah berpengalaman dalam presentasi sehingga dalam menjelaskan ke juri juga jelas, dan baik sekali.”Jelas jika dilombakan siswa SMP dan SMA tentunya akan jauh berbeda dalam presentasi laporan penelitian. Apalagi jika disandingkan penelitian sosial dengan penelitian Science pasti kalah menarik dimata juri”. Papar pak Bahar.

Hasil lomba ini menjadi masukan bagi perbaikan dimasa mendatang. Semoga prestasi siswa SMP Internat Al-Kausar khususnya anggota PELITA akan baik dan meningkat dimasa mendatang. Amin ya Rabbal Alamin. (BSW)