Perjalalanan kesuksesan Tim Krutuls dalam mengikuti ajang bergengsi Lomba Esai Nasional Olimpiade Humaniora Nusantara 2018, tidaklah mudah, beberapa tahapan harus dilalui untuk menjadi yang terbaik.

Dalam lomba Esai Olimpiade Humaniora Nusantara tingkat Nasional, seluruh peserta wajib mengirimkan naskah esai untuk diseleksi sebagai finalis. Tim Esai Ohara SMA IC Al Kausar mengirimkan dua Tim yakni Tim A dengan anggota : Nevia Ardya Nuraini, Zidane Yhandra Devano, dan Nizar Monza Alayarus. Sedangkan Tim B dengan anggota : Maulida Marisa Qonita, Alifia Fudayatunnisa dan Muhammad Fikri.

Dalam penyisihan diikuti oleh 50 naskah esai dan terpilih 10 naskah esai terbaik. Alhamdulillah kedua Tim esai SMA IC Al Kausar berhasil masuk babak Final. Peserta Final berasal dari Gowa Sulawesi Selatan, Madiun, Tangerang, Jakarta dan Solo. Uniknya dalam lomba esai yang difasilitasi oleh Bank Nasional Indonesia (BNI) sebelum final, semua finalis wajib mengikuti workshop Social Leader Forum untuk mengubah naskah esai menjadi proposal aksi sosial di masyarakat.

Selama seharian (Rabu 24 Oktober 2018), para finalis dibekali bagaimana membuat proposal aksi sosial yang baik. Hasil ini mengubah format esai dan judul dari kedua Tim Al Kausar. Kamis 25 Oktober 2018 saatnya presentasi Finalis diadakan. Tim SMA IC Al Kausar A mendapatkan urutan keenam sedangkan Tim SMA IC Al Kausar B mendapatkan urutan keempat. Tim SMA IC AlKausar B mempresentasikan Proposal dengan judul “Penyuluhan program GEMESIN berbantuan media BULARE dan GAMBAR pada pelajar SD”, sedangkan Tim SMA IC Al Kausar A mempresentasikan proposal berjudul “Kampung Kerupuk KRUTULS (Krupuk Aneka Tulang).”

Menurut keyakinan Pembimbing kedua Tim SMA IC Al Kausar Bapak H. Bahar Sungkowo S.Pd,  M.Pd kedua tim layak meraih juara 1 dan 2 karena konsep aksi sosialnya telah direalisasikan dan telah menggandeng stake holder untuk mewujudkan aksi sosial mereka. Program Gemesin (Gerakan Menabung Sejak Dini) telah diaplikasikan dan telah menghasilkan produk-produk berupa media Gemesin (Bulare dan gambar).

Tapi kami terhibur dengan berhasilnya Tim SMA IC AlKausar meraih Juara I Lomba Esai Nasional OHARA. Mereka meraih uang pembinaan dari BNI sebesar Rp 1.750.000, piala dan sertifikat. Selamat buat Nizar, Zidane dan Nevia atas gagasan menciptakan kampung krupuk krutuls dalam mewujudkan sosiopreneurs guna meningkatkan perekonomian masyarakat desa. Semoga terwujud. (BSW)