3 Tim KBS Matematika SMP Internat Al Kausar kembali mengikuti Olimpiade Matematika (OPTIKA 18). Ketiga tim tersebut adalah Tim 1 (Billy, Rafied, Wildan), Tim 2 (Aqil Humaid, Izzan, Ferdi) dan Tim 3 (Izzah, Najla, Melia Marsha). OPTIKA 18 ini diselenggarakan oleh PMIPA Jurusan Matematika UIN Syarief Hidayatullah, Jakarta. Seperti pada tahun sebelumnya, OPTIKA dilaksanakan dalam 4 babak dengan rincian penyisihan wilayah, penyisihan nasional, semifinal dan final.

Pada penyisihan wilayah dilaksanakan di UIKA Bogor, 15 September 2018, Tim 1 (Billy, Rafied, Wildan) berhasil lolos untuk mengikuti penyisihan nasional. Alhamdulillah di penyisihan wilayahini Tim 1 (Billy, Rafied, Wildan), berhasil menemati peringkat pertama se wilayah Jawa Barat.

Kemudian 17 September 2018 Tim 1 (Billy, Rafied, Wildan) mengikuti seleksi nasional. Alhamdulillah Tim 1 berhasil menempati peringkat 1 penyisihan nasional. Dan 10 tim terbaik yang lolos di penyisihan nasional ini berhak mengikikuti babak semifinal di kampus UIN Syarief Hidayatullah, Jakarta.

Di babak semifinal, 10 tim terbaik nasioanl ini kembali berkompetisi untuk menjadi 3 besar terbaik nasional agar bisa lanjut ke babak final. Namun Tim 1 (Billy, Rafied, Wildan), harus berbesar hati menempati peringkat 5 nasional OPTIKA 18. Dan tidak dapat melanjutkan ke babak final.

Alhamdulillah…, barakalloh…, untuk Tim KBS Matematika Al Kausar yang telah berusaha dan berjuang memberikan hasil yang terbaik. Semoga di tahun berikutnya bisa lebih baik lagi. Terima kasih pada Bpk/Ibu Guru dan Pembina, juga Orang Tua Murid yang sudah memberikan support dan dukungannya. Hanya Allah SWT yang dapat membalas amal baik kita semua. Aamiiin… (afer)