Tim KBS IPS mengikuti Olimpiade IPS (OLIPS 2018). Peserta dari SMP Internat Al Kausar dalam Lomba Olimpiade IPS kali ini terbagi dalam 3 tim.  Dengan formasi, tim 1 : Hafiza Aminah dan Muh. Dandi Dhiaulhaq, tim 2 : Vanya Shafa Kamila dan Melia Marsha Aulia serta tim 3 : Ludmilla Nawra Arijady dan Callista Zahira.

Lomba Olimpiade ini diadakan oleh UIN Syarif Hidayatullah untuk tingkat nasional dengan dua tahap. Tahap 1 Seleksi di tingkat wilayah masing-masing yang diselenggarakan dengan cara tes online untuk dipilih 5 tim terbaik di tingkat wilayah. Tes ini diselenggarakan pada hari Kamis tanggal 6 September 2018 secara serentak di semua wilayah seluruh Indonesia. Selanjutnya Tahap 2 Semi Final dan Final diselenggarakan di kampus UIN Jakarta.

Lomba Olimpiade IPS kali ini merupakan event yang ke 4 sejak diselenggarakan. Event perdana diselenggarakan  hanya untuk lingkup Jabodetabek, tahun berikutnya diperluas lingkupnya hingga 3 wilayah Jabodetabek, Sukabumi, Cianjur. Tahun ke 3 diselenggarakan untuk lingkup se Jawa Bali dan tahun ini diperluas untuk lingkup nasional dengan menerapkan tes online untuk seleksi tahap awal.

Tahap Semi final dan Final di Gedung Tarbiyah Lantai 5 dan lantai 4 UIN Syarif Hidayatullah Ciputat Jakarta dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 10 Oktober 2018. Dalam kesempatan tersebut terpilih 38 tim yang mewakili wilayah masing-masing.

Setelah dibagi dalam 3 ruang yang berbeda, seluruh peserta mengerjakan tes tertulis sebanyak 50 soal pilihan ganda, dilanjutkan 10 soal studi kasus dan 20 soal mental map. Dari 38 tim peserta semi finalis, tim Alka 1 harus puas berada di urutan ke 29 (Hafizha Aminah & Muh Dandi Dhiaulhaq) dengan memperoleh nilai akumulasi 33,2 . Di urutan ke 34 tim Alka 2 (Vanya Shafa Kamila & Melia Marsha Aulia) perolehan skor akumulasinya  28,7 (nilai ini sama dengan tim yang berada di posisi 33). Dan tim Alka 3 (Ludmilla Nawra Arijady & Callista Zahira) memperoleh akumulasi nilai 18,9 di posisi urutan ke 38 .

Meskipun tidak lolos dalam 18 besar tim finalis, namun ketiga tim Al Kausar dinyatakan lulus dalam seleksi wilayah Kabupaten / Kotamadya Sukabumi, sehingga kepada mereka berhak mendapatkan sertifikat Juara I, II dan III untuk tingkat wilayah Kabupatan/Kota Sukabumi.

Alhamdulillah…, untuk Tim KBS IPS Al Kausar yang telah berusaha dan berjuang memberikan hasil yang terbaik. Semoga di tahun berikutnya bisa lebih baik lagi. Terima kasih pada Bpk/Ibu Guru dan Pembina, juga Orang Tua Murid yang sudah memberikan support dan dukungannya. Hanya Allah SWT yang dapat membalas amal baik kita semua. Aamiiin…