Tim KBS IPA SMP Internat Al Kausar mengikuti Olimpiade IPA Terpadu yang diselenggarakan oleh BEM FMIPA UNJ dalam suatu kegiatan Festival MIPA UNJ 2018. Tim yang dikirim sebanyak 3 tim dengan masing-masing tim terdiri dari 2 orang. Ketiga tim tesebut adalah : Nirwana Jingga Astira dan Syamila Dinda Andira, Tim 2 : Hafizh Ahsani Rahadi dan Arsyad Naufal Baidillah serta Tim 3 : Hanief Azmi Rahadi dan Rafif Dista Serano.

Babak penyisihan dilaksanakan pada 6 Oktober 2018 dan diikuti oleh 84 tim. Dari Hasil penyisihan, 16 tim dinyatakan lulus untuk lanjut ke babak semifinal. Dan Alhamdulillah tim 3 (Hanief dan Rafif) termasuk satu di antara 16 tim tersebut. Kemudian pada tanggal 27 Oktober 2018, babak semifinal dilaksanakan. Dari 16 tim ini, diambil 5 tim terbaik untuk lanjut ke babak final pada hari itu juga. Dan dari hasil babak semifinal, Alhamdulillah tim dari Alka termasuk tim yang berhak lanjut ke babak final bersama 4 tim lainnya.

Setelah itu babak terakhir yaitu babak final, dari rangkaian Olimpiade IPA Terpadu dilaksanakan dengan cara cerdas cermat. Dan dari hasil pelaksanaan babak final ini, Alhamdulillah Tim dari Alka yang diwakili Hanief dan Rafif berhasil meraih juara 3 Olimpiade IPA Terpadu Tingkat Nasional, UNJ 2018.

Alhamdulillah…., barakallah…, buat Hanief dan Rafif, semoga prestasi yang kalian peroleh menjadi penyemangat buat kami semua. Terima kasih pada Bapak/Ibu Guru dan Pembina atas segala support dan doanya, semoga Allah SWT membalas segala jerih payah kita semua dalam membina dan membimbing anak-anak. (afer)