Sukabumi, 15 Maret 2019 dalam Event bertajuk Smanti Basketball Open Tournamen (SBO) yang diikuti oleh 16 tim dari berbagai sekolah tingkat SMA Se Kabupaten/Kota Sukabumi-Cianjur tim SMA Insan Cendekia Al Kausar keluar sebagai juara.

Di babak penyisihan fase Grup, Orik dan kawan-kawanberhasil menyelesaikan 3 pertandingan dengan 2 kemenangan atas SMAN 2 Sukabumi dan SMK Pasim, serta mengalami satu kekalahan dari SMAN 1 Sukabumi. Dengan hasil itu SMA Insan Cendekia Al Kausar berhasil lolos dari fase grup dengan predikat runner up grup dan melaju ke perempat final.

Di babak perempat final Tim SMA Insan Cendekia Al Kausar harus berhadapan dengan SMAN 2 Cianjur yang baru saja menjadi Juara di Turnamen Basketball Alphaseismic, akhir Februari lalu. Dengan semangat juang yang tinggi, anak-anak SMA Insan Cendekia Al Kausar berhasil menang dan melaju ke Semifinal. Di babak semifinal persaingan semakin ketat, SMA Insan Cendekia Al Kausar bertemu dengan tim tuan rumah yaitu SMAN 3 Sukabumi. Lagi-lagi anak-anak asuhan Pak Hilmy Sudarjat itu mampu menunjukkan permainan kolektivitas timnya yang solid, menghadapi tuan rumah tidak menjadi beban untuk sulit mengalahkan. Alhasil SMA Insan Cendekia Al Kausar mampu menang dan berhasil maju ke partai puncak.

Di partai penentuan terakhir babak Final SMA Insan Cendekia Al Kausar berhadapan dengan SMAK BPK Penabur Sukabumi yang telah mengalahkan SMAN 1 Sukabumi di babak Semifinal. Seperti ingin menyempurnakan perjuangan ini, anak-anak Al Kausar tampil habis-habisan di partai Final. Hasilnya Al Kausar mampu leading 4 quarter dan menyudahi pertandingan dengan Skor kemenangan 38 – 28 untuk SMA Insan Cendekia Al Kausar. Dengan hasil ini mereka berhasil menjadi kampiun Juara di Tournamen Smanti Basketball Open Tournamen (SBO) 2019. Alhamdulillah.. (ap)