ALKA- Rabu 22 April 2020 yang bertepatan dengan 29 Sya’ban 1441 H, digelar Tarhib Ramadhan 1441 sebagai salah satu acara rangkaian kegiatan Ramadhan tahun ini. Dalam suasana wabah covid-19, sebagaimana agenda Belajar Dari Rumah lainnya, agenda tahunan ini tetap dilaksanakan secara on line. Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al Quran oleh Raditya Iman Sudjudi (XI.MIPA.2) dilanjutkan dengan sambutan Headmaster Al Kausar Boarding School H Supriyatin, S.Si., M.Pd.

Dalam sambutannya, headmaster menyampaikan 3 poin penting menjelang Ramadhan dalam suasana wabah seperti ini ; (1) keluarga besar Al Kausar harus mengingat tujuan disyariatkannya puasa sebagai wahana menjadikan kita sebagai orang-orang yang bertaqwa, (2) tetap menjalankan protokol pencegahan covid-19 sebagaimana arahan pemerintah dan para ulama, termasuk dalam beribadah, karena hal itu yang akan menenangkan kita, (3) bila ada kekhawatiran dalam ibadah karena tidak bisa dilaksanakan secara optimal sebagaimana mestinya, maka kita harus yakin dengan sejarah peristiwa wabah-wabah pada zaman dahulu, bahwa mereka pun tetap melaksanakan langkah-langkah pencegahan sebagai upaya ikhtiar ibadah kepada Allah.

Sebagai narasumber dalam agenda tarhib ini, Ust Hendra Komara, MA menyampaikan pentingnya keluarga mempersiapkan secara bersama, bahu membahu merintis visi dan misi masuk surga sekeluarga sebagaimana tema Ramadhan di Al Kausar tahun ini yakni “Masuk Surga Sekeluarga”. Keluarga yang baik tentunya sudah mempersiapkan segalanya untuk mencapai target bersama yakni ridho Alloh SWT. Ayah, dalam keluarga mestinya menjadi imam dan kepala madrasahnya yang mampu mengatur dan mengkondisikan anggota keluarga tetap dalam suasana kedekatan dengan Alloh SWT, terlebih dalam bulan Ramadhan. Semua anggota keluarga mengadakan taubat bersama dan menjalin hubungan kasih sayang lebih erat.

Lebih lanjut Ust Hendra juga mengingatkan hadirin untuk membekali Ramadhan dengan ilmu-ilmunya agar pelaksanaan ibadah di dalamnya tidak sia-sia. Ada 5 (lima) ilmu penting khusus bulan Ramadhan yang harus diutamakan untuk dipelajari dalam menyambutnya yakni (1) ilmu Shaum dan Shiyam, (2) Ilmu Tarawih, (3) Ilmu Al Quran, karena kitab suci ini diturunkan pada bulan Ramadhan, (4). Ilmu berinfaq, dan (5) Ilmu Iktikaf.

Di akhir agenda, Maulida Marisa Qonita (XI.IPS) sebagai pengatur acara mempersilakan Ust Abdulloh Husari, S.Pd. untuk memimpin doa. (wah)