Studium Generale PKn Kelas X SMA Insan Cendekia Al Kausar

Studium Generale PKn Kelas X SMA Insan Cendekia Al Kausar, Dalam rangka menganalisis upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan  HAM, siswa-siswi kelas X SMA Insan Cendekia Al Kausar melakukan Studium Generale Pendidikan Kewarganegaraan dengan tema Hak Azasi Manusia di Era Kekinian, yang dilaksanakan pada Kamis (24/11/2016) bertempat di Auditorium SMA Insan Cendekia Al Kausar, dengan pimbicara Bapak Alexander Maxwell dari Kanim II Sukabumi Kementrian Hukum dan HAM.

9791690f-1acc-401e-9a09-07aba94805b4

Dalam stadium generale tersebut Bapak Alex menjelaskan asal-usul kelahiran HAM yang dimulai dari perselisihan antara pemimpin Gereja Katolik, Paus Innocent III, Raja Inggris, John Lackland, dan para baronnya. Perselisihan tersebut diselesaikan dengan penyusunan Magna Carta, yang mengatur pembatalan beberapa hak Raja dan pembatasan keinginan Raja serta penghargaan terhadap prosedur legal. Magna Carta pada akhirnya merupakan langkah pertama menuju hukum konstitusional sekaligus tonggak perjuangan lahirnya Hak Azasi Manusia.

Setelah sesi ceramah, acara kemudian dilanjutkan dengan unjuk kerja di mana siswa dan siswi kelas X di ke dalam enam kelompok. Masing-masing kelompok bertugas untuk melakukan survey beberapa pelanggaran HAM yang dilakukan terhadap umat muslim, seperti (1) pelanggaran HAM Serbia terhadap etnis Bosnia dalam Perang Bosnia (1993) (2) pelanggaran HAM Israel terhadap rakyat Palestina dalam konflik Israel-Palestina (3) pelanggaran HAM pemerintah Myanmar terhadap etnis Rohingya (4) Pelanggaran HAM pemerintah Indonesia terhadap masyarakat muslim dalam Peristiwa Tanjung Priuk 1984 (5) pelanggaran HAM Amerika Serikat dan Sekutu terhadap rakyat Irak dalam Invasi Irak 2003 and (6) pelanggaran pemerintah HAM Amerika Serikat terhadap rakyat tahanan muslim dalam Skandal Abu Ghraib

Setelah melakukan survey, tiap-tiap kelompok diharuskan membuat laporan untuk dipresentasikan dan didiskusikan dengan kelompok lain. (mm)

4ac4ff18-1336-4364-bf7b-011edfc6990e