2017.09.12 SG PKn 1

Dalam rangka menganalisis penegakan HAM, siswa-siswi kelas X SMA Insan Cendekia Al Kausar melakukan Studium Generale Pendidikan Kewarganegaraan dengan tema Penegakan Hak Azasi Manusia di Indonesia, yang dilaksanakan pada Selasa (12/09) bertempat di Auditorium SMA Insan Cendekia Al Kausar.

Sesi pertama dari kegiatan studium generale itu, yang berlangsung dari pukul 7.30 sampai dengan 9.40, diisi dengan kerja kelompok. Siswa kelas X di bagi ke dalam sembilan kelompok, dan setiap kelompok bertugas meneliti kasus-kasus pelanggaran HAM di Indonesia seperti kasus pembunuhan aktivisi buruh Marsinah, kasus pembunuhan aktivis HAM Munir, kasus pembunuhan aktivis lingkungaan Salim kancil, dan kasus-kasus lainnya.

Dalam sesi kedua, koordinator pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, Bapak Mung Mulyana, S.Pd. memberikan penjelasan tentang definisi HAM menurut teoretisi-teoretisi seperti John Locke dan Undang-undang Nomor 39 Tahun 1999 Tentang Hak Azasi Manusia. Bapak Mung Mulyana juga menjelaskan sifat-sifat khusus HAM, dan jenis-jenis pelanggaran HAM. Sesi ini kemudian ditutup dengan presentasi dan diskusi berbagai temuan siswa menyangkut kasus-kasus pelanggaran HAM di Indonesia di mana umumnya penyelesaian kasus-kasus tersebut masih berlarut-larut meskipun sudah terjadi sejak belasan bahkan puluhan tahun silam. (mm)

2017.09.12 SG PKn 3

2017.09.12 SG PKn 2