STUDIUM GENERALE PKn Hadirkan Siswa Berprestasi Internasional

STUDIUM GENERALE PKn Hadirkan Siswa Berprestasi Internasional, Pada tanggal 19 September 2016, diselenggarakan Studium Generale PKn kelas VII dengan materi “Norma, Etika dan Karakter Remaja di Era Kemerdekaan”. Studium Generale dimulai dengan sholat dhuha di Masjid, kemudian presentasi di auditorium yang terdiri dari dua sesie mulai dari jam 08.00 hingga pukul 11.30 Wib. Selepas istirahat dilanjutkan dengan evaluasi dan penilaian dari jam 13.00 sampai dengan jam 14.30 WIB.

img-20160919-wa0033

Narasumber Studium Generale PKn kali ini adalah Bapak Dr (Cand) Dudung Koswara M.Pd Ketua PGRI Kota Sukabumi, pengajar Sejarah di SMA Negeri I  Kota Sukabumi, penulis dan motivator remaja. Untuk memberikan motivasi berprestasi, pada studium generale ini menghadirkan pula narasumber remaja-remaja beretika, berkarakter baik dengan prestasi nasional maupun internasional. Mereka adalah Muhammad Dafa, Jihan dan Fahira. Mereka berbagi pengalaman menjadi siswa berprestasi di SMA Negeri 1 Kota Sukabumi. Prestasi mereka adalah : Daffa seorang inspirator dan organisator, Jihan karateka berprestasi Internasional dan Fahira berprestasi di bidang Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat Nasional.

Suasana studium generale santai, kekeluargaan dan tentunya tetap serius. Pak Dudung menyajikan materi dengan bernyanyi diiringi dengan guitar dan memberikan cerita-cerita inspiratif melalui penayangan video inspiratif.

Di sesie pertama narasumber menyampaikan materi dasar tentang norma, etika dan karakter yang menguatkan sendi-sendi berbangsa dan bernegara. Bagaimana norma, etika dan karakter menjadi hal terpenting dalam pembentukan generasi penerus yang beretika serta berkarakter.

Di sesie kedua, Pak Dudung mengantarkan etika dan karakter remaja Indonesia. Remaja Indonesia harus memiliki 18 karakter yakni : jujur, religius, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggungjawab. Dilanjutkan dengan penjelasan oleh para siswa berprestasi dan tanya jawab. Kemudian diberikan bbeberapa soal dan tugas pembuatan mindmap untuk penilaian dan evaluasi pelajaran PKn. (BSW)

img-20160919-wa0037