2017.08.24 SG PKn 7 1

Pada tanggal 24 Agustus 2017 bertempat di Aula Desa Sundawenang Parungkuda Kabupaten Sukabumi diadakan kegiatan Studium Generale PKn kelas 7 dengan tema : “Penerapan Norma, Etika dan Hukum dalam Meningkatkan Disiplin Warga Desa Mewujudkan Desa Berprestasi”. Pemilihan tema ini memiliki dasar yakni : Tema ini sesuai dengan tema pada pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) serta sesuai dengan SKL Al-Kausar dan materi yang diujikan di USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional).

Kegiatan SG PKn ini dimulai tepat pada pukul 08.30 Wib dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya untuk menumbuhkan jiwa cinta tanah air dan bangsa. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan serta pemberian cendera mata dari Al-Kausar.

Pada studium generale ini dijadwalkan selama 3  jam dengan dua materi. Materi pertama adalah menjelaskan tentang Norma, Aturan, etika dan hukum yang dijunjung tinggi di Masyarakat. Sedangkan materi dua adalah : menjelaskan peran kepala desa dalam menumbuhkan disiplin warga dalam menjalankan norma, etika, aturan dan hukum yang berlaku di desa Sundawenang.

Sebagai nara sumber adalah Bapak Wahid S.Ip selaku kepala desa Sundawenang Parungkuda. Beliau adalah kepala desa berprestasi tingkat Kabupaten yang mewakili Kabupaten Sukabumi di ajang Propinsi.

Acara Studium generale PKn diakhiri dengan mengadakan evaluasi daya serap untuk mengetahui tingkap pemahaman siswa terhadap materi-materi yang disampaikan. Sebelum meninggalkan kantor desa Sundawenang, kami diajak melihat-lihat hasil program desa yakni : Pusat ICT desa dan radio desa.

Kami akhirnya pamit pada pukul 12.30 untuk kembali ke sekolah. Semoga Ilmu yang didapatkan dapat bermanfaat bagi para siswa sebagai pemimpin-pemimpin nanti dimasa depan. Amin Ya Rabbal ‘Alamin. (BSW).

2017.08.24 SG PKn 7 4

2017.08.24 SG PKn 7 3

2017.08.24 SG PKn 7 2