2017.08.29 SG PKn 2

Dalam rangka menganalisis penegakan hukum di Indonesia, siswa-siswi kelas XI SMA Insan Cendekia Al Kausar mengadakan Studium Generale Pendidikan Kewarganegaraan dengan tema Sistem Hukum dan Peradilan di Indonesia, yang dilangsungkan pada Selasa (29/8) bertempat di Auditorium Al Kausar Boarding School, dengan pembicara Indra Purnamawati, SH.

Sesi pertama dari kegiatan studium generale itu, yang berlangsung dari pukul 7.30 sampai dengan 9.40, diisi dengan kerja kelompok. Siswa kelas XI di bagi ke dalam 10 kelompok, dan setiap kelompok bertugas meneliti kasus-kasus hukum kontroversial di Indonesia seperti kasus hukum nenek Minah, kasus hukum mantri desa Misron, kasus kongkalikong OC Kaligis dan sebagainya.

Pada sesi kedua, yang berlangsung pada pukul 10.00 sampai dengan 11.30, dilangsungkan ceramah dan diskusi bersama Indra Purnamawati, SH, seorang jaksa fungsional dari Kejaksaan Negeri Kabupaten Sukabumi.  Dalam sesi itu dibahas pengertian dan fungsi sistem hukum dan peradilan berikut masalah-masalah praktek KKN dan ketidakadilan dalam sistem peradilan di Indonesia yang membuat wajah penegakan hukum di Indonesia tercoreng dan terlihat lemah. Karena itu sistem hukum dan peradilan di Indonesia lebih banyak dikritik daripada dipuji. (mm)

2017.08.29 SG PKn 1

2017.08.29 SG PKn 3