Bulan Oktober tepatnya tanggal 28 merupakan hari Sumpah Pemuda. Sebagai bangsa yang menghargai pahlawannya tentu generasi muda sudah selayaknya memperingati hari bersejarah itu. Di Al Kausar setiap tahunnya selalu memperingatinya dengan mengadakan kegiatan yang berkaitan dengan Hari Sumpah Pemuda yang di dalamnya sering disebut bulan bahasa. Selain itu pada bulan Oktober juga merupakan hari perpustakaan. Namun kegiatan peringatan itu tidak dapat dilaksanakan tepat tanggal 28 Oktober. Maka tanggal 4 November baru terlaksana.

Kegiatan peringatan bulan bahasa dan perpustakaan ini dimulai pukul 07.30. Dimulai dari pengarahan panitia dan kepala sekolah tentang perlunya para siswa mengikuti kegiatan ini dengan sunggh-sungguh. Kali ini acara Studium general diisi dengan pelatihan Public Speaking dengan narasumber Heppy Chandrayana. Beliau merupakan tainer Broadcasting. Kami memandang perlu siswa Al Kausar dibekali dengan latihan berbicara di muka umum karena sesuai dengan visi dan misi Al Kausar yang akan menghasilkan calon pemimpin masa depan. Sebagai seorang pemimpin tentu sangat penting dapat berbicara di muka umum.

Pelatihan kali ini sangat menarik karena dikemas dengan baik oleh trainer. Meskipun pelatihan berlangsung cukup lama tidak terlihat ada murid yang mengantuk. Dengan media audio visual yang sudah teramu dengan baik mampu menghidupkan suasana pelatihan. Selain itu metode yang digunakan narasumber seperti praktik langsung dan cara memberi giliran pada siswa yang akan diminta tampil membuat peserta aktif menjadi hidup dan tidak membosankan. Diselipkan juga contoh-contoh yang lucu membuat siswa tidak mengantuk. Meskipun dalam ruangan auditorium yang agak panas namun siswa mengikuti pelatihan membawakan acara, berpidato, bercerita, dan membawakan berita hingga selesai.

Akhirnya setelah mendengarkan dan praktik, acara selanjutnya dimulai pukul 13.00 adalah acara membuat pembatas buku bagi kelas VII dan membuat cover buku bagi kelas VIII dan IX. Kelas VII kegiatan perorangan sedangkan kelas VIII dan IX berkelompok antara 2-3 orang. Pembuatan pembatas buku dan cover buku ini dilombakan. Dari tiga orang juri maka juara lomba pembatas buku adalah Batrisyia sebagai juara 1, Qonita Hansyafanie sebagai juara 2, dan juara 3 diraih oleh Rafee.

Sedangkan juara cover buku juara 1 diraih oleh  kelompok Prisi, Irhamni,dan Mayang. Juara 2 kelompok Ghibran, M. Sulhan, dan Farabi, juara 3 kelompok  Ameera, Rohimah, dan Nuha. Juara 4 diraih oleh kelompok Fadhila, Hana dan Ririn.  Sebelumnya setiap kelompok mempresentasikan karyanya di depan peserta lainnya.  Pemenang mendapakan voucher belanja di Alka Mart. Mudah-mudahan dari pelatihan ini dapat diterapkan pada kegiatan seperti khitobah ataupun kegiatan OSIS.