2

Dalam rangkaian Pekan Terintegrasi SMP Internat Al Kausar 2017, hari Rabu tanggal 12 April 2017 dilaksanakan Studi Tur ke Komnas HAM (Komisi Nasional Hak Asasi Manusia). Setelah melalui negosiasi yang cukup alot, akhirnya rombongan Kelas VII SMP Internat Al Kausar diterima oleh pihak Komnas Hak Asasi Manusia.

Rombongan SMP Internat Al Kausar diketuai oleh Bapak Bahar Sungkowo, S.Pd dengan guru pendamping Bapak Dian Nur Alfian, S.Si dan Ibu Recci Liftita, S.Pd.I, disambut oleh perwakilan Komnas HAM tepat pada pukul 10.00 WIB. Kami disambut dengan ramah di ruang lobi bagian pengaduan pelanggaran HAM. Tepat pukul 10.20 wib, acara dibuka dengan sambutan-sambutan, salah satunya oleh Bu Happy (kepala Divisi Pendidikan & Penyuluhan). Acara berikutnya adalah penyampaian materi yang diberikan oleh salah seorang penyuluh komnas HAM yakni Mbak Atun. Dengan bahasa yang gaul dan komunikatif, Mbak Atun menyempaikan materi-materi komnas HAM yang sangat dibutuhkan oleh para siswa dalam memahami salah satu materi pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn).

3

Beberapa materi yang disampaikan adalah : Apa itu HAM dengan bermain berbasis pada formasi berbeda. Apa itu Komnas HAM, 1o Hak Dasar Manusia yang dilindungi dan diakui Internasional, dan Mandat Komnas HAM dalam mengawal Hak Asasi Manusia di Indonesia meliputi mandat-mandat seperti : pendidikan dan penyuluhan, penelitian dan pengkajian, pemantauan dan penyelidikan, dan mediasi.

Di akhir penyampaian materi diadakan sesi kuis dimana disediakan kaos HAM yang bagus untuk yang bisa menjawab pertanyaan. Ada lima kaos yang akhirnya diperoleh oleh : Syamila Dinda Andira (7.1), Nathania Atnickita Kiana (7.1), Rafied Gibran Fardaukas (7.1), Arsyad Naufal Baidillah (7.1) dan Khaila Attikah Putri Surachman (7.2). Tepat pukul 12.00 wib, acara kunjungan kami di  komnas HAM berakhir. Bapak Bahar, selaku ketua rombongan memberikan cinderamata dan oleh-oleh kepada Mbak Atun sebagai pertanda menutup dan berpamitan untuk  kembali ke Al Kausar.  Sebagai bahan penilaian, siswa-siswa kelas VIII diberi tugas menyelesaikan laporan kunjungan studi tur tersebut.  (bsw)

7

6