ANTARIKSA adalah lomba yang diselenggarakan oleh SMU r Rahman yang merupakan kepanjangan AR RAHMAN TAKE AROUND ISLAMIC KNOWLEDGE, SCIENCE, SPORT AND ART COMPETITION 2020. Banyak lomba dikelola oleh panitia untuk level SMA yakni Olimpiade IPA, Olimpiade Matematika, Olimpiade Sosial, Musabaqah Hifdzhil Qur’an,  Story telling, LCC PAI dan Drawing Poster. Tim SMP Internat Al Kausar didampingi beberapa guru antara lain Pak Ade, Pak Dian, Pak Aji dan Bu Arty.

Tim Al Kausar terdiri atas satu peserta lomba MHQ (Harits Dzaky Mutaqi kelas 8.2) di bawah bimbingan ustad Ono Imron Rosadi,S.Ag,  2 tim lomba LCC PAI (Syahla, Ghina tim 1 (Davin Abdillah Shadiq Juvaayardi, Muhammad Faiz, Andrean Stefano Reynaldi) dan tim 2 (Syahla Aulia, Ghina Putrizki Hibatullah dan Haura Zauziha Az-Zahra) di bawah bimbingan ustad Abdul Aziz,Lc. Pak Dian & Bu Citra, memberangkatkan 3 tim untuk  LCC IPA yaitu tim 1 (M. Yhandra Adityo, Hafizh Ahsani Rahadi, Ghazy Alimni) dan tim 2 (Ussyfa Cahyaeta Siswoyo, Najla Desvaa Yardi, Hanifah Yumna Nabilah) dan tim 3 (Ahmad Cakra Samudera, Muhammad Thariq Mutawakkil, Uadifa Cahyapropa Siswoyo). Dan tim IPS diberangkatkan 3 tim yaitu tim 1 (Muhammad Harun Ghazy, Nur Aziz Harya Putra, Muhamad Fatih Thamlikha), tim 2 (Langen Niti Lalita, Najwa Norah Renata Khairunnisa, Azzahra Madania) dan tim 3 (Muhammad Reeva Zulfaqar, Shadiq Syufi Syukur, Kayla Aluvia Azizah).

Ms Arty mendampingi 2 peserta  Story Telling yaitu Amelia Rosie Azahra dan Nadine Putri Kirana Hidayat. Pak Wahyumembimbing 2 siswa peserta tambahan untuk lomba Olimpiade Matematika atasnama  Aqsha Putra Setyadi dan Razin Akmal Maulana)  sedangkan Pak Ade menyiapan 4 siswa peserta KBS MTK untuk maju dalam lomba Olimpiade matematika kali ini. Jadi semua peserta lomba matematika 6 siswa.

Alhamdulillah dari mata lomba yang diikuti, Olimpiade Matematika menyisakan 4 siswa Al Kausar dari 10 peserta yang masuk babak ini  Izzatul Aulia, Syaikhan Ahmad Izzan, Razin Akmal Maulana dan Syafiq Aqil Humaid. Dua peserta lainnya (Aqsha Putra Setyadi dan Muhammad Ferdi harus tertahan di babak penyisihan. Seusai mengikuti babak final Izzan mendapatkan point tertinggi dan meraih juara 1 lomba kali ini, sedangkan Izzah harus puas di posisi ketiga.

Pada Olimpiade IPA tim 1 dan tim 2 Alkausar berada di posisi teratas pada babak penyisihan dengan mengantongi point terbesar. Pada babak fina tim 1 (Yhandra dkk) berhasil meraih juara pertama sedangkan tim 2 harus bersabar dan terhenti di babak ini. Sementara itu tim IPS dari 13 tim peserta terpilih 1 tim yang lolos di babak penyisihan dengan mengantongi 119 poin . Sayangnya perjuangan mereka terhenti di babak akhir dan tak sanggup memenangi kompetisi yang menyisakan 5 tim peraih skor tertinggi. Tim LCC PAI dan peserta MHQ harus lebih giat berlatih lagi untuk menyiapkan lomba berikutnya.

Keberhasilan gemilang diraih tim panahan Al Kausar dengan meraih Juara Bantalan 1 best core (kategori pemula) atas nama Tengku Randy, Juara bantalan 2 M Kharis Wicaksono, Sedangkan pada kategori prestasi Panji Wijaya meraih best score 3, arvan meraih best score 2 juara 2 eliminasi, dan Taqiyya juara 2 eliminasi. (amam)