Minggu, 14 Januari 2018, Al Kausar kembali mengirimkan tiga tim untuk mengikuti OLGENAS 2018 (Olimpiade Geografi Nasional) yang diselenggarakan oleh Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM). Tim Al Kausar terdiri dari tim A : Zidane Yhandra Devano dan Mafazan Isfandiar (IX), Tim B : Thufael Tsabit Norhikawa dan Amir Ibnu Rochkita (IX), Seangkan Tim C : Maulida Marisa Qonita dan Najwa Haifa Hedar (IX) yang didampingi oleh salah satu Orang Tua Siswa. Perlombaan ini dilaksanakan pada tanggal 15-16 Januari 2018.

Lomba  ini terdiri dari 3 babak, yaitu babak Penyisihan, Semifinal, dan Final. Di babak penyisihan terdiri dari Ujian Tertulis, Outdoor Learning, dan dilanjutkan oleh babak Multimedia serta babak Semifinal dan Final di keesokan harinya.

Peserta yang lolos ke babak semifinal yang berupa studi Kasus hanya 3 tim terbaik dari setiap babak penyisihan, Alhamdulillah Tim A bisa melanjutkan ke babak selanjutnya. Di babak Final yang berupa LCTG (Lomba Cerdas Tangkas Geografi) diambil 5 tim terbaik dari akumulasi nilai. Luar biasa, Tim A lolos ke babak Final.

Selamat kepada Tim A Al Kausar karena berhasil mengharumkan dan sekaligus mendapatkan 5 penghargaan sekaligus yaitu Best Study Case, Best Theory, Juara 3 Umum, dan Juara 3 LCTG, Medali emas, dan uang pembinaan. Semoga dengan prestasi ini dapat memotivasi untuk menggapai prestasi yang lain, serta memotivasi adik kelas. (zyd)