Semangat berlomba menjadi syarat kesuksesan Yrzi Rafi Hakim, Akbar Anugrah Abdul Karim dan Muhammad Rafee Hidayat. Tiga siswa kelas XI.SS SMA Insan Cendekia Al Kausar ini sukses menjadi Finalis Nasional.

Ketiganya menyiapkan lomba poster Food Olympic 2018 yang diselenggarakan oleh Universitas Bina Nusantara (BINUS) Alam Sutra Serpong Tangerang Banten.  Selama dua minggu lebih, mulai dari tanggal 7 hingga 22 November 2018, ketiganya menyiapkan poster dan presentasi untuk mengikuti Lomba Poster Ilmiah Food Olympic 2018.

Pada Sabtu, 24 November 2018 dalam Babak Final, ketiga siswa ini bersaing dengan tujuh peserta lainnya berasal dari : Jawa Timur, Jawa Tengah, Lampung, dan Yogyakarta. Maju pada urutan kedua, Tim SMA IC Al Kausar mempresentasikan produk olahan pangan fungsional dengan nama NASIWANI atau Nasi Segitiga Warna Warni. Presentasi mereka kompak, baik dan singkat. Panitia menetapkan SMK Tulungagung meraih juara I dengan produk Susu dari Talas, di tempat kedua dari SMAN 1 Kebondalam Semarang Jawa Tengah dengan produk Wingko dari biji durian dan kacang hijau dan tempat ketiga yakni SMAN 2 Puri Mojokerto  dengan Sosis dari Jamur Tiram.

Rafee dkk alhamdulllah menempati peringkat le-5 dari total 8 finalis. Menurut pembimbing Tim Nasiwani, Bpk H. Bahar Sungkowo, SPd., MPd, “Ini pengalaman yang baik, Peserta lain lebih siap dan lebih baik, mereka mencipta produknya dari proses penelitian berbulan-bulan bahkan ada yang telah setahun dengan uji laboratorium dan telah mengembangkan produk hingga dijual di lokal dan luar kota, data-data lengkap serta susunan poster yang baik dan enak dibaca. Pantas kalau mereka meraih juara di tahun ini.”

Untuk Yrzi, Ai dan Rafee , lomba ini menjadi pengalaman untuk sukses di lain kesempatan. Semangat terus dalam meraih prestasi optimal. Salam prestasi. (BSW)