Kamis, 20 September 2018,  dua orang siswi  Al Kausar Boarding School mengikuti lomba menulis cerpen tingkat SMP. Lomba ini diadakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sukabumi. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka peringatan hari baca dan hari kunjung perpustakaan.

Perwakilan Peserta Lomba

Setiap sekolah diwakili oleh 2 oarng peserta lomba. Setelah melalui seleksi, terpilihlah Hanifah Yumra Nabilah kelas 7 dan Najla Desvaa Yardi kelas 8.  Mereka berdua mengikuti lomba cerpen dengan cara langsung hadir dan menulis cerpen di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sukabumi .

Al Kausar Boarding School Juarai Lomba Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sukabumi dalam rangka peringatan hari baca dan hari kunjung perpustakaan.
Al Kausar Boarding School Juarai Lomba Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sukabumi dalam rangka peringatan hari baca dan hari kunjung perpustakaan.

Tema Lomba Menulis Cerpen

Panitia sebelumnya sudah menginformasikan persyaratan dan ketentuan menulis cerpen.  Tema yang ditetapkan panitia adalah wisata alam, wisata kuliner, wisata religi, wisata budaya, dan kekayaan alam Sukabumi. Sebelum lomba di mulai, peserta mengambil  kertas undian yang berisi salah satu tema yang telah ditatapkan panitia.  Peserta diberi waktu 120 menit untuk menulis cerpen.

Kriteria penilaiannya cukup banyak, diantaranya kelengkapan unsur intrinsik, dialog, keterpaduan unsur dan struktur cerpen, gaya bahasa, dan kaidah ejaan bahasa Indonesia. Dari 50 peserta lomba diambil juara 1 sampai 3 dan juara harapan 1 dan 2.

Alhamdulillah dari persiapan dan pembinaan lomba yang cukup, Hanifah Yumra Nabilah kelas 7  sebagai pemenang juara harapan 2 dan Najla Desvaa Yardi kelas 8 sebagai pemenang juara harapan 1. Mereka mendapat piala, sertifikat, dan uang pembinaan. Meskipun posisinya masih menjuarai harapan mereka sudah mampu menunjukkan potensi menulis cerpen. Semoga dapat meraih hasil yang lebih baik lagi di ajang lomba yang lain. (Wind)