Selasa, 1 Oktober 2019, siswa-siswi Kelas X SMA Insan Cendekia Al Kausar mengikuti Studium Generale PPKN, dengan maksud : (1) Mengidentifikasi kebinekaan bangsa Indonesia, (2) Berupaya memperkukuh NKRI dalam Kebinekaan bangsa Indonesia, (3) Menjelaskan faktor-faktor pembentuk dan penghambat integrasi nasional, (4) Mengidentifikasi tantangan dan ancaman terhadap integrasi nasional.

Rangkaian pembelajaran yang diampu oleh Bapak Mung Mulyana, Gr., S.Pd.,  itu dilakukan dengan pendekatan saintifik dengan langkah-langkah : MENGAMATI ; Siswa mengamati gambar-gambar dan video-video yang menunjukan keragaman budaya di Indonesia, dilanjutkan dengan tanya-jawab antara siswa dan guru. Siswa kemudian menyimak penjelasan guru mengenai materi-materi seputar Bhinneka Tunggal Ika dan Integrasi

Pada langkah MENANYA, siswa dibagi ke dalam 12 kelompok. Setiap kelompok mendapatkan tugas untuk melakukan investigasi tuntutan pemisahan Papua dari NKRI, kemudian membaca dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan investigasi. Langkah akhir, Siswa mengolah informasi yang telah dikumpulkan dengan berbagai pendekatan hingga membentuk pemahaman sinkronik dan diakronik. Selanjutnya siswa bertugas membuat poster social dengan tema “Menjaga Persatuan dan Kesatuan di Tengah Ancaman Pemisahan Papua”.

Di ujunag kegiatan, Siswa mempresentasikan dan mendikusikan poster sosial karya masing-masing kemudian memajang di papan-papan informasi sekolah. (mm)