Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk siswa kelas 9 Rabu, 31 Jul 2019 diadakan dalam ragam aktivitas. Setelah dibuka dengan pengarahan teknis dari Bapak Aji Marwonto Aris Munandar, S.Si selaku penanggung jawab kegiatan, seluruh siswa disebar ke 3 titik unit pendukung Al Kausar, yakni ; Perpustakaan, Kantin, & Laundry. Siswa-siswi kelas 9 diberi tugas menggali data dari karyawan di 3 lokasi tersebut untuk diketahui tingkat kedisiplinan siswa-siswi Al Kausar Boarding School terhadap regulasi & prosedur yang harus mereka taati di ketiga unit itu.

Tahap berikutnya, hasil observasi didiskusikan dalam kelompok gender agar data yang ada disempurnakan dengan saling tukar informasi dari unit yang berbeda.

Di bawah arahan Pak Aji, sebagai moderator sekaligus narasumber, siswa digiring untuk menemukan gejala dan modus tindakan indisipliner siswa di ketiga unit itu, kemudian siswa-siswi saling bertukarpikiran menemukan solusi dan tindakan agar kedisiplinan yang diharapkan oleh semua pihak bisa terwujud.

Di akhir tahapan, siswa dalam kelompoknya membuat laporan dengan media ICT. (wah)