Sebelas anggota Pelita atau Peneliti Internat Al Kausar mengikuti kegiatan sertifikasi peneliti pemula Grade III yang diadakan pada hari Sabtu tanggal 6 April 2019.

Kesebelas siswa tersebut adalah: Muhammad Fatih T, Taqiyya Tamrin Tamam, Najwa Norah Renata, Ghina Putrizki H, Azzahra Madania, dan Langen Niti Lalita,  mereka adalahsiswa-siswi  kelas VII.1. Adapun siswa kelas VII.2 adalah Nazwa Az Zahra Nurmadani P, Naura Wening Susanto, Haura Zauziha Az Zahra, Siti Fateema Az Zahra, dan Hasifa Zayszha AlBany didampingi adalah ka Eva dan pak Bahar Sungkowo MPd .

Tantangan dalam kegiatan sertifikasi peneliti pemula grade III adalah : (1). Mengamati obyek penelitian meliputi : a. Museum dan koleksinya, b. Interaksi manusia. c. Geliat ekonomi di kota Tua, d. Budaya Jakarta di kota tua, dan e. peran heritage sebagai warisan masa silam. Tantangan kedua  adalah : (2). menetapkan masalah penelitian. Kemudian (3). Mencari data-data yang mendukung, sedikitnya 7 data,  dan terakhir adalah : menuliskan judul penelitian.

Menurut pembina Pelita Bapak Bahar Sungkowo MPd, kegiatan ini memiliki 3 manfaat : 1, adalah memberikan bekalan dasar meneliti bagi anggota pelita, kedua : mengamati langsung obyek penelitian dengan permasalahan di lingkungan, dan 3 adalah mendapatkan kompetensi bersertifikat yakni level pemula grade III. Ada beberapa anggota pelita sampai mengejar-ngejar turis mancanegara untuk menggali informasi kesan dan pesan nya di Kota tua. Selama kegiatan anggota Pelita antusias untuk dapat lulus dan mendapatkan sertifikat keterampilan meneliti tingkat pemula grade III. Dengan antusias mereka pak Bahar yakin mereka semua dapat lulus sertifikasi pelita. Semoga. (BSW)