Alhamdulillah, tahun 2017 SMA Insan Cendekia Al Kausar terpilih untuk mengikuti pelatihan yang dilaksanakan oleh SEAMEO QITEP IN SCIENCE (The Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Centre for the Quality Improvement of Teachers and Education Personnel In Science).

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 5-8 Desember 2017 bertempat di hotel Prime Park, Bandung. Peserta yang mengikuti pelatihan ini adalah guru-guru SMA/SMK seluruh Indonesia mata pelajaran Kimia, Fisika dan Biologi. Setiap mata pelajaran terdiri dari 30 guru. Berdasarkan informasi dari panitia,  tahun ini sebanyak 700 guru SMA/SMK seluruh Indonesia yang mendaftar pelatihan. Selajutnya setiap guru yang telah mendafar harus mengikuti seleksi secara online untuk dipilih 90 guru yang berhak mengikuti pelatihan.

Dari SMA Insan Cendekia Al Kausar terpilih Ibu Yuyun Yulianti, S.Pd. mewakili bidang Kimia dan Bapak Yitno Baseno, S.Si mewakili bidang Fisika. Selama tiga hari para peserta pelatihan dibimbing langsung oleh para profesor/doktor dari ITB dan UPI. Materi pelatihan yang diberikan adalah : Pembelajaran Abad 21, Pendalaman materi,  Praktek, dan Pembutan Project. Di akhir pelatihan, guru diberikan tugas untuk merencanakan tindak lanjut pelatihan yang akan diterapkan di masing-masing daerah baik di lingkup sekolah maupun tingkat MGMP masing-masing daerah. (YB)