ALKA – Sebagai sekolah pencetak pemimpin masa depan berkepribadian islami, Al Kausar Boarding School terus berupaya mengintegrasikan nilai-nilai kepemimpinan & keislaman dalam setiap kegiatannya, termasuk kegiatan Idul Adha & Kurban. Dalam rangkaian Idul Adha sebagaimana sebelumnya, selalu mengorientasikan pendidikan kepemimpinan bagi siswa-siswinya. Keterlibatan siswa dalam kegiatan Idul Adha & Kurban ini dimaksimalkan, agar pengalaman mereka dalam mengelola acara maupun keikutsertaannya sebagai panitia & partisipan bisa menjadi pengalaman berharga.

Beragam kegiatan dalam rangkaian Idul Adha diantaranya adalah Puasa Tarwiyah & ‘Arafah, Lomba Takbiran & Tabuh Bedug, Taushiyah Keutamaan bulan Dzulhijjah, Pelatihan singkat Menyembelih Hewan Kurban, Salat Idul Adha, Pemotongan Hewan Kurban, dan Nyate babarengan. Rangkaian kegiatan tersebut berlangsung mulai Jumat, 10/8 hingga Senin 12/8.

Pada kegiatan salat Idul Adha, Ust Ono Imron Rosadi, S.Ag. bertindak sebagai imam dan menyampaikan khutbah Idul Adha. Dalam khutbah tersebut, setidaknya ada 3 point amanat yan disampaikan khotib dalam kaitannya dengan sejarah Nabi Ibrohim as sebagai perintis tradisi kurban. Pertama Tauladan Nabi Ibrohim sebagai utusan Alloh yang sarat dengan sifat-sifat baik, kedua tauladan Nabi Ibrohim as sebagai orang tua yang berhasil melahirkan generasi dan keturunan saleh, dan ketiga Keteladanan Siti Hajar, istri Nabi Ibrohim as yang taat kepada suami dan menjadi pendidik bagi anaknya Ismail as.

Tahun 2019, kepanitiaan Idul Adha & Kurban yang dikomandani Ust Sandy Husein Abdulloh, S.Pd.I menghimpun hewan kurban sebanyak 42 ekor domba, dan 17 ekor sapi. Panitia mendistribusikan daging kurban tersebut untuk 3 komponen : (1) seluruh kepala keluarga Desa Babakanjaya yang terdiri dari 29 RT, (2) Lembaga Pendidikan & Sosial  sebanyak 18 lembaga, dan (3) guru, tenaga kependidikan, serta karyawan internal Al Kausar Boarding School.