IMG20170526090820

Ramadhan, bulan penuh rahmat dan anugerah telah tiba. Bulan yang mulia ini tidak boleh disia-siakan begitu saja sehingga melewati umat Islam tanpa membekas ketakwaan. Kabar gembira limpahan pahala, Allah SWT janjikan bagi hamba-Nya yang mampu memaknai setiap jengkal perjalanan Ramadhan.

Al Kausar Boarding School sebagai lembaga pendidikan Islam, tidak ketinggalan untuk ikut bahagian dalam momentum ini, memanfaatkan nikmat Ramadhan ini dengan memberi ruang sebesar-besarnya kepada seluruh civitas akademikanya untuk menjalankan ragam ibadah yang ganjarannya bernilai ganda. Untuk itu disusunlah berbagai mata acara khas Ramadhan secara teratur agar siswa-siswi dan guru merasakan suasana yang lebih baik untuk meraih pahal Allah SWT.

Mengawali rangkaian agenda Ramadhan 1438 H, panitia mengadakan 3 rangkaian TARHIB Ramadhan yaitu Visualisasi Syiar Ramadhan, Munggah Net, dan Cermah Agama Tarhib. Hal ini berawal dari kesadaran bahwa bahwa persiapan menyambut Ramadhan itu tidak cukup hanya dengan penjelasan secara lisan, menyampaikan fiqh puasa misalnya, tapi juga butuh pada suasana yang memotivasi siswa-siswi Al Kausar memiliki kesiapan yang optimal sehingga Ramadhan semakin terasa berarti dalam perjalanan hidup mereka.

Dalam rangka menghangatkan suasana persiapan, Divisi IMTAK OSIS memberi pesan-pesan khusus berupa poster ajakan kepada pembaca khususnya siswa-siswi agar bisa memanfaat Ramadhan untuk mendulang pahala. Poster-poster tentang keutamaan Ramadhan itu mereka pajang di banyak sudut mading sekolah.

Munggah net, terinspirasi dari tradisi MUNGGAHAN, dimana biasanya masyarakat datang bersilaturahim kepada orang tua mereka untuk berkumpul sekaligus menyampaikan permohonan maaf dan doa sebelum Ramadhan tiba. Bersamaan dengan visualisasi syiar Ramadhan, siswa-siswi ditugasi untuk berkomunikasi dengan orang tua melalui surat elektronik menyampaikan permohonan maaf dan doa sekaligus mendeklarasikan komitmen mereka menjalani Ramadhan tahun ini dengan penuh warna ibadah.

Akhir dari rangkaian Tarhib, Jumat 26 Mei 2017 seluruh civitas akademika Al Kausar mendengarkan taushiyah Tarhib dari Ust Dede Baharsyah yang dikenal dengan Ustaz Cinta. Dalam taushiyahnya Ust Dede yang sangat interaktif ini menggarisbawahi pentingnya manajemen waktu agar Ramadhan tahun ini tidak begitu saja lewat tanpa bekas yang berarti. Paling tidak ada 2 hal besar yang diwanti-wanti Ust Dede untuk tidak ditinggalkan selama Ramadhan, yaitu TAUBAT dan IBADAH. (wah)

Tarhib Ramadhan