Psikotes Penjurusan 1

Memasuki masa akhir studi di SMA, siswa kelas XII dihadapkan pada problema memilih perguruan tinggi dan program studinya. Untuk mengatasi problema tersebut, Al Kausar memberikan salah satu langkah solusi bagi siswa yaitu dengan diadakannya psikotes penjurusan perguruan tinggi. Psikotes penjurusan yang dilaksanakan Selasa 22 September 2015 ini merupakan salah satu langkah yang dapat membantu siswa memutuskan pilihannya di universitas beserta program studi yang mereka minati yang sesuai dengan bakat dan kemampuan mereka. Sehingga nantinya di kemudian hari siswa tidak salah langkah dan tidak menyesal telah mengambil jurusan tertentu.

Psikotes kali ini Al Kausar bekerjasama dengan lembaga OPTIMA untuk melakukan tes yang mencakup tes IQ, tes potensi akademik (TPA), tes minat bakat dan tes kepribadian. Dalam rangkaian psikotes tersebut siswa akan mengerjakan soal-soal yang berhubungan dengan kemampuan berpikir, pengetahuan umum serta soal yang berhubungan dengan bakat minatnya. Dari psikotes ini diharapkan mampu menggali sisi lain dari masing-masing siswa tentang dirinya dan kemampuannya, kelebihan serta kekurangannya yang nantinya akan membantu siswa memilih jurusan yang sesuai. Siswa akan mendapat tambahan arahan dari hasil psikotes dan bisa dijadikan pertimbangan untuk memilih jurusan.

Kegiatan psikotes kali ini berjalan lancar. Rangkaian tes yang banyak dengan rentang waktu yang cukup panjang benar-benar memacu siswa untuk bisa tahan terhadap tantangan yang diberikan. Belum lagi ada tes yang memiliki batas waktu pengerjaan yang membuat siswa harus secepat mungkin menyelesaikannya. Dalam proses mengerjakan tes ini juga terlihat siswa mana yang daya kerjanya cenderung stabil, dan siswa mana yang daya kerjanya cepat melemah. Kesemuanya itu akan lebih jelas terbaca saat sudah keluar hasil psikotes siswa. (vipri)