2017.03.11 SG Motivasi

Sabtu, 11 Maret 2017 bertempat di ruang auditorium Al Kausar Boarding School, motivator nasional Prof Dr Ir Ichsan Setya Putra berkesempatan hadir dan memberi motivasi bertema Menyiapkan Masa Depan yang Sukses bagi siswa-siswi SMP Internat Al Kausar dan SMA Insan Cendekia Al Kausar. Meskipun kehadiran beliau di kampus agak sedikit terlambat, namun acara tersebut berlangsung khidmat, lancar, dan hadirin sangat antusias.

Dalam sajiannya, Pak Ichsan –demikian ia lebih suka disapa—menekankan pentingnya sebuah visi untuk meraih kesuksesan; pribadi maupun organisasi. Al Kausar yang visinya jelas ‘menjadi sekolah terbaik yang dapat menghasilkan pemimpin masa depan berkepribadian islami, menguasai iptek, trampil, dan mandiri’ harus mampu melibatkan seluruh elemen di dalamnya mulai dari atas hingga bawah agar ia punya daya mempersembahkan kinerja terbaiknya demi visi tersebut.

Selain itu, paling tidak ada 4 (empat) kesimpulan penting dari paparan Pak Ichsan :

  1. Motivasi dalam diri akan muncul jika ada tujuan yang jelas jangka panjang.
  2. Pentingnya “mengulang” dalam belajar. Mengulang adalah hal utama untuk memahami, menalar dan mengingat apa yang dipahami.
  3. Pentingnya istirahat yang cukup (tidur) agar tidak mengantuk selama mengikuti pembelajaran.
  4. Betapa penting mengedepankan integritas dan kejujuran.

Di akhir sesi, Pak Ichsan yang juga Wakil Rektor Bidang Akademik & Kemahasiswaan di Universitas Pertamina ini menggaris bawahi bahwa kesuksesan tidak akan diraih seseorang tanpa izin Allah swt. Oleh karenanya di saat individu mengerahkan segala usahanya, ia harus selalu memanjatkan doa meminta kepada Allah dan meminta didoakan oleh kedua orang tuanya. (amam)