Dalam rangka program sertifikasi olahraga wajib, pada Jumat-Sabtu, 23-24 November 2018 lalu, penanggung jawab olahraga Al Kausar menggelar ujian kenaikan tingkat siswa peserta Pencak Silat. Sebanyak 54 siswa dan siswi mengikuti agenda yang digagas untuk pertama kali di kampus Al Kausar Boarding School.

Materi ujian yang dilaksanakan selama 2 hari mulai Jumat pukul 16.00 sampai dengan Sabtu pukul 11.00, disusun beragam diantaranya adalah mencakup materi ketapaksucian, tes baca tulis Al Quran, materi keolahragaan, hingga keorganisasian. Untuk menguji sisi mental pada malam harinya, peserta digembleng dengan jurit malam di sekitar lingkungan kampus.

Menurut Ust Ian Cantona selaku pelatih olahraga wajib cabang pencak silat di Al Kausar, para peserta yang 6 orang diantara berasal dari Universitas Muhammadiyah Sukabumi merasa terkesan dan senang terutama setelah mereka dinyatakan lulus naik tingkat. Peserta ujian yang berasal dari Al Kausar sebanyak 47 orang dinyatakan naik tingkat dari dasar ke tingkat 1 sebanyak 39 orang, dari tingkat 1 ke tingkat 2 sebanyak 10 orang, dan sisanya 1 siswa naik tingkat dari 3 ke tigkat 4. Alhamdulillah,

Ust Ian yang mempersiapkan kegiatan ini dari awal, dibantu 6 kader dan 1 pendekar PIMDA 186 Tapak Suci Sukabumi. Yang menambah semangat dan antusiasme peserta ujian, salah satu pengujinya adalah M Rizki Adi Widjaya, atlet pencak silat nasional yang pernah meraih medali perunggu pada kejuaraan pencak silat Belgia Terbuka tahun 2013 silam dan emas pada ajang PON 2016. (wah)