Perpustakaan Al Kausar yang dikomandoi Ibu Hj Rachmawati, S.Sos berhasil menjadi wakil Jawa Barat dalam Lomba Perpustakaan Nasional tingkat SMA. Perlombaan yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional ini berlangsung selama 2 bulan, dan puncaknya adalah presentasi setiap kontingen di Jakarta 24 Oktober lalu.

Dalam visitiasi tim juri, Perpustakaan Al Kausar mendapat kunjungan juri pada urutan ke-30 sebelum DKI Jakarta yang berada di posisi kunjungan terakhir. Dalam kunjungannya, tim juri yang diwakili oleh Bapak dan Bapak Mustofa, memberikan beberapa catatan bagi persiapan akhir sebelum acara puncak lomba di Jakarta, diantaranya adalah penonjolan kegiatan khas dan inovatif yang diinisiasi oleh perpustakaan selama ini untuk aktifitas murid SMA Insan Cendekia.

Menurut tim juri, perpustakaan Al Kausar sudah cukup representatif untuk standar perpustakaan sekolah, namun demikian perlu diperluas manfaatnya bukan hanya untuk konsumsi murid, guru, dan karyawan, juga untuk masyaraat sekitar sebagaimana diamanatkan oleh undang-undang perpustakaan.

boarding school, islamic boarding school, sekolah islam berasrama, sekolah islam unggul, pondok pesantren, pesantren, pesantren modern, pondok modern