2016-09-07-tik-5

Siswa/Siswi kelas 9 SMP Internat Al Kausar memperoleh pembekalan Web Design Lembaga Training & Sertifikasi Internasional Multimatics

 

Oleh : M. Irvan Sukandar

 

Selaras dengan visi & misi Al Kausar Boarding School untuk menjadi sekolah terbaik yang dapat menghasilkan calon-calon pemimpin masa depan yang berkepribadian islami, menguasai iptek, terampil dan mandiri, juga membantu peserta didik menjadi pribadi yang mencintai ilmu pengetahuan dan teknologi, berkembang secara optimal dan menerapkannya untuk diri dan lingkungannya, SMP Internat Al Kausar bekerjasama dengan Lembaga Training & Sertifikasi Internasional Multimatics Jakarta, menyelenggarakan kegiatan Training TIK dengan materi Web Design untuk siswa/siswi kelas 9 yang diselenggarakan pada tanggal 6 Р7 September 2016 dengan Trainer Bapak Irfan F. Rahman dari pihak Multimatics Jakarta.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian Training TIK untuk siswa/siswi SMP Internat Al Kausar yang diselenggarakan setiap tahun ajaran, dimana terdapat 2 materi training untuk setiap angkatan setiap tahunnya, untuk siswa/siswi kelas 9 mendapatkan materi Web Design.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari tersebut mengangkat materi Internet Essentials & Web Design menggunakan Adobe Dreamweaver CS6, secara garis besar siswa & siswi kelas 9 dibekali dengan materi dasar-dasar desain grafis seperti :

  • Cara Kerja Internet
  • Menggunakan aplikasi Internet untuk riset dan komunikasi
  • Menggunakan aplikasi email berbasis web
  • Membuat Weblog
  • Dasar-dasar dan konsep Web Design
  • Memahami struktur dasar bahasa pemrograman web HTML.
  • Memanfaatkan Adobe Dreamweaver CS6 sebagai alat bantu web design
  • Membuat & mengkonfigurasi situs dengan Adobe Dreamweaver CS6
  • Coding (menambahkan teks & gambar)

Dalam teknisnya, di hari pertama pada kegiatan yang setiap harinya berlangsung dari pukul 07.00 s.d 15.00 WIB tersebut, siswa mendapatkan pembekalan dasar mengenai internet, pengenalan membuat dan menggunakan email berbasis aplikasi web, dan membuat weblog. Kemudian siswa diberikan latihan mandiri berupa project untuk setiap materi yang diberikan. Pada hari kedua, siswa memperoleh pembekalan lanjutan yaitu Web Design dimana pada tahap lanjut ini diperkenalkan lebih jauh mengenai pemanfaatan Adobe Dreamweaver CS6 sebagai salah satu alat dalam Web Design & Developing, dimana hal ini dapat menjadi sarana siswa untuk meningkatkan kemampuan dan menyalurkan bakat di bidang Teknologi Informasi khususnya Internet.

Kegiatan ditutup dengan evaluasi belajar berupa Computer Based Test (CBT) yang diselenggarakan oleh pihak Multimatics, hal ini sebagai sarana untuk mengukur sejauh mana materi yang diserap oleh siswa dalam pelatihan tersebut, selain itu sebagai salah satu media penilaian siswa pun diberikan tugas berupa Project Web Design yang mana hasil akhir dari project tersebut dapat menjadi portofolio dan tolak ukur sejauh mana siswa menguasai Web Design setelah melalui Pelatihan, untuk kemudian memperoleh sertifikat Internasional dari Multimatics untuk penguasaan TIK sesuai dengan bidang & tingkatannya.  (Van)

2016-09-07-tik-3

2016-09-07-tik-4