Senin, 8 Januari 2018 bertempat di masjid Asy-Syifa dan masjid Tuti Marini digelar pelatihan ruqyah syar’iyyah secara terpisah, ikhwan di Masjid Asy-Syifa, sedangkan akhawat di masjid Tuti Marini, komplek asrama putri. Siswa-siswi kelas 7, 8, 10, dan 11 terlihat cukup antusias mengikuti rangkaian pelatihan tersebut mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 15.10 wib. Dengan trainer berbeda, di masjid Asy-Syifa hadir tim RLC (Ruqyah Learning Center) Sukabumi yang terdiri dari Ust Asep Saefurrohman, Ust Dede, dan Ust Abdulloh. Sedangkan di masjid Tuti Marini, siswi-siswi dibimbing oleh Ustazah dari lembaga yang sama.

Rangkaian pelatihan ini diawali dengan pengarahan dan prolog tentang ruqyah oleh Ust Abdul Aziz, Lc. Selaku penanggung jawab kegiatan keagamaan, Ust Aziz menegaskan pentingnya aqidah yang kuat untuk membentengi hati dan fisik seorang muslim. Salah satu aspek keyakinan yang harus diketahui dan ditanamkan dalam hati setiap siswa Al Kausar adalah ketergantungan hanya kepada Alloh SWT semata, salah satunya adalah dengan ruqyah syar’iyyah yang dicontohkan dan diajarkan Rasulullah SAW.

Selaku narasumber utama pelatihan ini, Ust Asep terlebih dahulu menjelaskan ciri-ciri ruqyah syar’iyyah dan perbedaannya dengan ruqyah syirkiyyah. Lalu pada sesi berikutnya usai istirahat, siswa-siswi bahkan guru-guru hadir untuk belajar dan mempraktikkan ruqyah mandiri. (wah)