Kurikulum Al Kausar Boarding School menetapkan 3 cabang olahraga wajib bagi setiap siswa-siswinya. Seluruh siswa harus menguasai kemampuan-kemampuan dasar ketiga cabang olahraga ini, yakni RENANG, BELA DIRI, dan PANAHAN. Olah raga beladiri terdiri dari pencak silat dan tae kwon do, bisa dipilih salah satunya sebagai olahraga WAJIB. Sedangkan olahraga PILIHAN adalah Futsal (PA), Basket (PA/PI), dan Bulutangkis (PA/PI). Selain menjadi olahraga wajib di semester tertentu, cabang olah raga Renang, Beladiri, dan Panahan juga bisa diambil oleh siswa sebagai cabang olah raga pilihan di luar waktu pembelajaran wajib.

Cabang panahan yang diwajibkan dalam 3 tahun terakhir merupakan cabang olahraga favorit siswa. Kini, menurut Ust Sandy Husein Abdulloh –sang pelatih–, tidak kurang dari 60 siswa memilih panahan sebagai ekskulnya, hal ini membuat waktu latihannya cukup banyak. Bahkan hari Ahad pun digunakan untuk waktu latihan bagi kelompok tertentu. Fasilitas yang digunakan alhamdulillah sudah mengalami perbaikan cukup signifikan saat menjelang event Alphaseismic kemarin, sehingga para atlit kini semakin semangat & nyaman untuk berlatih.

Dalam agenda ALPHASEISMIC 2018 kemarin, cabang panahan mulai dipertandingkan dan langsung menarik perhatian atlet panahan untuk mengikutinya. Tak kurang dari 110 peserta lomba panahan turut dalam ALPHASEISMIC 2018, termasuk 4 orang atlit dari Papua. Siswa-siswi Al Kausar meraih 4 emas, 3 perak, 1, dan perunggu (untuk kategori SMP Putra Pemula), 7 emas dan 3 perak (kategori SMP Putri Pemula), Juara 2 beregu (SMA Putra), dan Juara 1 & 2 Best Score. (wah)