Bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi pada hari Sabtu 23 Februari 2019 pada pukul 08.00 s/d 16.30 Wib, diadakan Diklat Teknik Best Practice untuk guru dan kepala Sekolah SD, SMP dan SMA se Kabupaten Sukabumi. Sebagai penyelenggara adalah Komunitas Penggiat Literasi Jawa-Barat (KPLJ) cabang Kabupaten Sukabumi bekerjasama dengan Kasi Pendidikan Dasar (Dikdas) Kabupaten Sukabumi dengan menetapkan tema “Dengan penulisan Best Practice kita tingkatkan kompetensi dan profesionalisme guru dan kepala sekolah di wilayah Kabupaten Sukabumi.”

Diklat Teknik Penulisan Best Practice dibuka oleh PLT Kepala Dinas Kabupaten Sukabumi Bapak Solihin, yang memberikan apresiasi dan rasa antusias yang tinggi terhadap kegiatan ini. Sebagai pembicara utama adalah bapak Idris Appandi MPd seorang Widyaiswara dari LPMP Jawa-Barat dengan memberi materi “Kiat Praktis menulis Best Practice”.  Pak Idris membimbing peserta untuk dapat menyelesaikan naskah best practicenya hingga selesai.

Sesi terakhir diklat teknik ini disampaikan Diseminasi Best Practice berkualitas Juara oleh Bapak H. Bahar Sungkowo S.Pd, M.Pd, dengan judul best practicenya yang cukup unik “Minum KOPI JOSS dalam Pembelajaran IPS”. Para peserta merasa tertarik dan antusias mengikuti diseminasi yang disampaikan oleh pak Bahar Sungkowo dan beberapa guru bertanya dengan penuh semangat.

Akhirnya kegiatan ini ditutup oleh KPLJ Kabupaten Sukabumi Bapak Ridwan Asri dan memberikan pekerjaan rumah untuk menyelesaikan Best Practicenya dan menjanjikan untuk dibukukan dalam tulisan ontologi best practice guru dan kepala sekolah kabupaten Sukabumi. Semoga sukses semua…… (bsw)