Pak Bahar Jadi Finalis INOBEL 2016

Pak Bahar Jadi Finalis INOBEL 2016, Setelah menunggu 10 hari sejak mengikuti workshop review naskah Lomba Inovasi Pembelajaran (INOBEL) tingkat Nasional yang diadakan oleh Direktorat Kesejahteraan, penghargaan dan perlindungan (Kesharlindung) Pendidikan Dasar Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, akhirnya pak Bahar Sungkowo S.Pd berhasil terpilih menjadi Finalis Lomba Inobel 2016.Pak Bahar Jadi Finalis INOBEL 2016

14330124_310215326005886_7322374125109569503_n

Tidak mudah naskah pak Bahar terpilih menjadi Finalis lomba Inobel ini. Saat pertama kali dikirimkan, naskah yang berjudul “Media Pembelajaran Ki-Lurah Wiji” dalam upaya meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), kajian Sejarah di SMP Internat Al Kausar Kabupaten Sukabumi”, terpilih menjadi peserta workshop Perlombaan Inovasi Pembelajaran yang diadakan di Batam bulan lalu yang menyisihkan kurang lebih 1250 naskah yang diseleksi panitia.

Maka pak Bahar pun termasuk 250 peserta yang terpilih dimana similaritas dan sitasi di bawah 30%. Setelah mengikuti workshop inobel, naskah pak Bahar berubah menjadi : “ Ki-Lurah Wiji : Solusi peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial berbasis permainan dan edutainment show” terpilih diantara 89 finalis.

Kegiatan final akan diadakan pada tanggal 7 hingga 11 November 2016, dengan penilaian 3 kategori : penilaian presentasi inovasi pembelajaran, penilaian tes tertulis konten pembelajaran dan penilaian display/pameran karya inovasi. Pak Bahar berusaha keras untuk dapat tampil prima dalam ketiga penilaian tersebut.

Media wayang (wiji) telah dipersiapkan dengan dibantu pak Kusna, poster hasil inovasi dibantu oleh pak Ono Imron Rosadi dan pembuatan media papan panel diorderkan ke pengrajin kayu kolega Al Kausar. “Alhamdulillah semua perlengkapan lomba telah selesai dibuat dan disiapkan. Tinggal penampilan saat final nanti”. Ujar pak Bahar. Mohon doa restu Civitas Akademika semoga pak Bahar Sungkowo meraih hasil yang terbaik buat almamater tercinta. Amin. (BS).