Setelah berhasil meraih juara I, seleksi Guru Berprestasi tingkat Kabupaten Sukabumi pada medio April, lalu Pak Bahar Sungkowo, S.Pd., M.Pd mewakili Kabupaten Sukabumi untuk berjuang di Seleksi Guru Berprestasi (Gupres) di tingkat propinsi Jawa-Barat. Bertempat di Hotel Radiant Lembang, dari tanggal  19 – 22 Juni 2019, guru-guru terbaik se Jawa-Barat berjuang untuk menjadi yang terbaik.

Pada seleksi propinsi ini, pak Bahar harus bersaing dengan 26 guru perwakilan kabupaten dan kotamadya se Jawa Barat. Menjadi guru berprestasi propinsi bukan hal yang mudah. Para Finalis propinsi ini harus mengumpulkan dokumen portofolio, video pembelajaran, naskah artikel ilmiah dan penelitian tindakan kelas, deskripsi diri dan wajib mengikuti beberapa tes di puncak kegiatannya yakni seleksi tertulis, presentasi penelitian tindakan kelas/best practice dan wawancara.

Kegiatan empat hari ini begitu melelahkan dan menguras pikiran, para finalis berupaya menyerahkan segala kemampuan terbaiknya untuk meraih tiga besar propinsi. Dalam penilaian portofolio, pak Bahar meraih tiga besar dari 27 perwakilan kabupaten kota se Jawa-Barat. Namun di akhir lomba, pak Bahar berada pada urutan ke 7 dari 27 peserta. “Saya pernah berlomba seleksi Gupres tahun 2006 lalu dan peringkat saya di 12 besar dari 26 peserta, tahun ini peringkat saya naik 5 posisi menjadi peringkat 7 dari 27 peserta . Selama 12 tahun peringkat saya naik 5 saja. Jika diberikan kesempatan lagi, saya akan bisa meningkatkan menjadi 3 besar karena pengalaman lomba di tahun ini. Kelemahan – kelemahan akan ditingkatkan, sedangkan kekuatan akan dipertahankan bahkan ditingkatkan pula, in sya Alloh”. (BSW)