Prestasi Guru Al Kausar kembali tercipta dengan kemenangan pak Bahar Sungkowo, MPd yang berhasil menjadi juara 1 Lomba Guru Berprestasi tingkat Kabupaten Sukabumi yang berlangsung pada tanggal 1 dan 2 April 2019.

Bertempat di Gedung BK3D Cibadak, Lomba Guru Berprestasi yakni Lomba Guru PPKn Berkonstitusi serta Lomba Kepala Sekolah Berprestasi tingkat kabupaten Sukabumi dilaksanakan dengan langkah-langkah lomba sebagai berikut : pada tanggal 1 April 2019 lomba dilaksanakan dengan penilaian tes tertulis, penilaian Portofolio dan penilaian naskah Penelitian tindakan kelas. Pada tahap pertama ini seluruh nilai-nilai tes tulis, portofolio dan PTK di jumlah dan hasilnya akan menentukan 5 Finalis. Alhamdulillah di tahap pertama, pak Bahar berhasil menyisihkan 10 peserta lainnya, dan berhak maju ke babak Final.

Pada tahap final, kelima finalis harus mempresentasikan penelitian tindakan kelas (PTK) di hadapan dewan juri serta menjawab pertanyaan dewan juri berkaitan dengan isi naskah PTK. Hasil presentasi dan tanya jawab akan disatukan jumlahnya untuk ditentukan juara pada kejuaraaan tersebut. Adapun penilaiannya terdiri dari 4 aspek yakni : Portofolio, naskah KTI dalam PTK, Tes tertulis dan presentasi.

Alhamdulillah pak Bahar menjadi yang terbaik dalam lomba Guru Berprestasi tingkat Kabupaten Sukabumi. Setelah meraih juara I ini pak Bahar berhak mewakili Kabupaten Sukabumi untuk bertanding di tingkat Provinsi dengan rivalnya 25 Kabupaten/Kota se Provinsi Jawa Barat. “Saya harus memantapkan persiapan ujian tulisnya meliputi kompetensi pedagogik, Sosial, Profesional dan Kepribadian serta membongkar PTK agar lebih baik lagi” ujar Pak Bahar.

Semoga dengan pengalaman dan mental juara, pak Bahar Sungkowo MPd dapat berkiprah di ajang Gupres Provinsi dan dapat melanjut ke tingkat Nasional. In sya Allah. (bsw)