Berbagi, Share Pengalaman dan temu rekan sejawat di dunia pendidikan merupakan aktivitas yang menyenangkan bagi pak Bahar Sungkowo SPd MPd. Momen yang menyenangkan ini dirasakan pak Bahar, saat mengisi pelatihan teknik menulis bagi pendidik anak PAUD pada hari Selasa tanggal 30 April 2019.

Bertempat di pendopo Walikota Sukabumi, adalah tempat diadakan pelatihan teknik menulis yang dihadiri oleh 240 peserta pendidik PAUD dari seluruh kecamatan se Kabupaten Sukabumi. Pelatihan ini diprakarsai oleh Seksi pendidikan PAUD Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi dan Forum Pengembangan Pendidikan PAUD yang diketuai oleh Istri Bupati Sukabumi, bunda PAUD Kabupaten Sukabumi yakni bunda Yani Marwan Hamami. Selama pelatihan, peserta antusias mengikuti paparan materi yang disampaikan oleh pak Bahar dengan judul “Menulislah agar tulisan kita Bageur”.

Pembicara kedua adalah bu Rr Nenny Eko Kosrini SPd MPd yang membawakan materi menemu baling.  Pak Bahar Sungkowo menjelaskan menulislah, agar tulisan kita bageur. Tulisan bageur itu yang bagaimana?. “ Tulisan Bageur itu adalah akronim dari Bermakna, Agamis, Guna, Empati, Unggul dan Ramah Anak”.

Seorang pendidik PAUD harus menulis dengan semangat : memberikan makna yang mendalam bagi kemajuan pendidikan PAUD, berguna bagi peningkatan kualitas pendidikan PAUD, mengempati dengan tulisan sehingga dapat menjadi panduan untuk peningkatan mutu pendidik PAUD, menulis unggul adalah menulis yang dapat menciptakan tulisan bahkan buku untuk dibaca oleh rekan sejawat, dan tulisan memberikan wacana pendidikan ramah anak bagi pendidik PAUD.

Wah dengan stimuli ini, akhirnya terkumpul tulisan-tulisan yang menginspirasi dari pendidik anak usia dini ini. Ada yang menulis puisi, artikel singkat, bahkan cacatan diary. Akhirnya acara ditutup dengan mempersembahkan puisi untuk bunda Yani yang kebetulah baru berulangtahun. Semoga bunda Yani selalu diberikan kesehatan dan dapat memotivasi guru-guru PAUD untuk sukses menulis. Semoga. (BSW).