ALKA- Selama dua hari 7 dan 8 Maret 2020 lalu, OSIS Putra SMA Insan Cendekia Al Kausar selenggarakan 2 event penting untuk pengalaman belajar siswa Al Kausar, yakni Innovation Day & Workshop Menulis. Pada hari pertama, Sabtu 7 Maret, Divisi Ilmu Pengetahuan & Teknologi (IPTEK) mengadakan pameran hasil kreatifitas teknologi siswa-siswi Al Kausar Boarding School, sedangkan di hari kedua Ahad 8 Maret, Divisi Kebudayaan dan Sastra menghadirkan seorang coach writer Indonesia Luthfi JW untuk memberi pengalaman ketrampilan menulis. Dalam kegiatan workshop menulis, selain diikuti oleh peserta dari siswa, juga turut hadir menyemarakan Pak Mung dan kawan-kawan guru lainnya.

Dalam sajiannya, Pak Luthfi membagi agenda pelatihannya kepada 4 latihan menulis. Pertama, seluruh peserta diminta untuk membuat tulisan bebas dengan kata kunci “andai aku punya uang 1 milyar”, sessi kedua dia lemparkan kata kunci lainnya yakni “andai aku punya 10 pasang kaki”, demikian juga di sessi ketiga dan keempat, pria yang sehari-harinya berdomisili di Jepara ini melemparkan kata kunci untuk dibuatkan tulisan bebas.

Pak Luthfi sangat senang sekali dengan acara kreatif ini, apalagi setelah melihat tingkat partisipasi peserta yang bagus dalam setiap instruksi dan diskusi yang ia jalankan. “Dari sorot mata anak-anak ini, tampak tanda-tanda kecerdasan, sehingga dalam latihannya aku langsung beri mereka tantangan menulis level 2“. Demikian kesan Pak Luthfi usai acara. Ia pun menambahkan betapa pentingnya sebuah bangsa memiliki tradisi menulis, agar sejarah bangsanya sendiri tidak diputarbalikkan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. (wah)