2017.11.10 Pahlawan 4

Bertempat di lapangan upacara Al Kausar, pada Jumat 10 November 2017 siswa-siswi SMP Internat Al Kausar & SMA Insan Cendekia Al Kausar beserta guru-guru melangsungkan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Pahlawan ke 72. Bertindak sebagai pembina upacara Bapak Mung Mulyana, S.Pd selaku pembina OSIS & pengampu mata pelajaran Sejarah di SMA.

Dalam amanatnya, Pak Mung –demikian ia biasa disapa– menggarisbawahi besarnya peran umat Islam dalam setiap perjuangan memerdekakan bangsanya dari penjajahan kolonial. Bukan hanya itu, teriakan takbir yang mendandakan hadirnya pejuang-pejuang muslim di garda terdepan untuk kemerdekaan bangsanya, telah dimulai sejak penjajahan Portugis abad 16. Untuk itu, –lanjutnya– seyogiyanya generasi muda Islam saat ini bangkit menjadi pelopor kebangkitan bangsa Indonesia dari keterpurukannya di segala aspek kehidupan bangsa, baik aspek ekonomi, pendidikan, budaya, politik maupun militer/keamanan.

Pak Mung yang terlihat beberapa kali meneriakkan takbir saat amanat, lantas sampaikan bahwa akibat keterpurukan itu membuat bangsa Indonesia sering menjadi bahan olok-olokan bangsa lain, termasuk oleh bangsa tetangga sekalipun.

Upacara yang dikomandoi Ariko Laki Putra Sembiring (XI) ditutup dengan orasi kepahlawanan oleh Yohana Farih Margaretha (X) dan Elshamir Monza Alaydrus (XI). Yohana yang sebelumnya menjadi juara dalam Public Speaking Contest se Al Kausar, menyampaikan pentingnya kita menjadi pahlawan bagi orang-orang terdekat kita dengan melakukan kebenaran dan memberi manfaat. Elshamir yang tampil kemudian, juga mengajak seluruh peserta upacara untuk senantiasa berbakti kepada orang tua dan guru-guru yang telah banyak berjasa layaknya pahlawan. (wah)

2017.11.10 Pahlawan 6

2017.11.10 Pahlawan 2