Peringatan Isra Mi’raj tahun 1440 di SMP Internat Al Kausar, diselenggarakan pada 28 Rajab 1440 / 3 April 2019. Rangkaian acara peringatan ini diisi dengan 4 mata agenda utama : (1) Literasi Informasi seputar Al Aqsha (2) Pembuatan Media Mindmapping dan CSI (Color Symbol Image) yang kemudian dipresentasikan di depan umum, (3) Hikmah Ira Mi’raj, dan (4) Pembuatan Surat Cinta ajakan Siswa kepada wali mereka untuk turut empati terhadap penderitaan muslim di Palestina.

Rangkaian acara peringatan dimulai dengan salat Dhuha di masjid Asy-Syifa dilanjutkan dengan penjelasan teknis lomba antar kelompok. Usai kegiatan di masjid, siswa-siswi diarahkan menuju perpustakaan untuk menggali dan mengeksplorasi informasi seputar salat, Masjid Aqsha, dan rentetan kejadian memilukan di tanah Palestina selama ini. Informasi-informasi yang mereka kumpulkan itu kemudian dituangkan dalam mindmapping & CSI untuk disajikan di hadapan guru-guru dan siswa-siswi lainnya.

Usai presentasi tentang hal-hal yang berkaitan dengan peristiwa Isra Mi’rajnya Nabi Muhammad SAW yakni masjid secara umum, Masjid Al Aqsha, dan Palestina, siswa-siswi SMP Internat Al Kausar kemudian mendengarkan hikmah Isra Mi’raj yang disampaikan oleh Ustadz Asep (tim KNRP) dengan metode dongeng. Metode ini sangat membantu siswa-siswi Al Kausar menjadi lebih fokus dan banyak menyerap informasi yang disampaikan. Di ujung ceramah, panitia menggelar kotak amal untuk donasi Palestina. Alhamdulillah terkumpul Rp. 1,3 juta ditambah dengan donasi dari kelompok pemenang lomba yang menginfaqkan hadiahnya untuk munasharah Palestina.

Sebelum penutupan, pada pukul 14.30-15.00, siswa-siswi diberi tugas untuk membuat surat cinta kepada orang tua mereka yang berisi ajakan untuk berempati terhadap penderitaan saudara muslim di Palestina. (wah)