IMG-20170430-WA0048

Kegiatan Muhasabah merupakan kegiatan tahunan yang rutin diadakan menjelang siswa/i kelas XI menghadapi Ujian Nasional. Selain merupakan salah satu dari program langkah sukses UN SMP Internat Al Kausar, kegiatan muhasabah ini bertujuan agar siswa/i dapat lebih mendekatkan diri  kepada Allah SWT. Sehingga pada akhirnya siswa dapat tawakal, berserah diri kepada Allah SWT setelah selama ini berusaha dengan sungguh-sungguh.

Tahun ini, Kegiatan muhasabah dimulai sejak hari Sabtu ba’da shalat Isya. Sehingga kegiatan ini dirangkaikan dengan kegiatan Mabit (Malam Bina Iman dan Takwa) yang diadakan di masing-masing asrama putri maupun putra dengan didampingi pembina asramanya. Ahad, 30 April 2017 pukul 08.30, barulah kegiatan Muhasabah yang dihadari para orang tua dan wali siswa dimulai.

Kegiatan dibuka dengan pembacaan Tilawah dari Ananda Syauqi Armand dan pembacaan saritilawah oleh Firda Hanan Bahjah, yang mana keduanya merupakan siswa kelas IX. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Bapak Supriyatin S.Si. selaku Headmaster Al Kausar Boarding School. Sambutan kedua oleh Ibu Kathine Diah selaku perwakilan POM. Selanjutnya, perwakilan siswa baik dari putra maupun putri pun diminta untuk menyampaikan sepatah dua patah kata. Dalam kesempatan ini, Ananda Syafiq Maulana Al-Faruq dan Ananada Aisyah Aulia Sugiarto maju mewakili teman-temannya. Dua perwakilan siswa, Syafiq dan Aisyah pun turut mendorong semangat seluruh siswa menghadapi UNBK sehingga mereka semakin antusiasias dalam kegiatan ini yang juga bertujuan sebagai sarana intropeksi diri bagi siswa.

Selanjutnya, Pak Aji, selaku MC meminta perwakilan dari siswa kelas IX yakni Fajar dan Shakila untuk secara simbolis membacakan balasan surat mereka untuk orang tua nya. Karena beberapa waktu sebelumnya, orang tua dari masing-masing siswa sempat mengirimkan surat cinta yang penuh dukungan untuk menambah semangat putra putrinya dalam menghadapi UNBK. Pembacaan balasan surat ini berlangsung haru, baik Fajar maupun Shakila tak kuasa menahan air mata mereka. Seluruh siswa, orang tua, guru dan semua yang hadir pun ikut terharu dibuatnya.

IMG-20170430-WA0051

Acara dilanjutkan dengan pemberian ceramah dan motivasi dari Ust. Heppy Chandra. Seluruh yang hadir dalam kegiatan muhasabah ini dibuat “terhipnotis” dengan pembawaan Ust. Heppy Chandra dengan materi yang disampaikannya. Tak jarang siswa, orang tua, guru, dibuatnya tertawa tetapi siswa tetap dapat merenung dan bermuhasabah. Disela-sela ceramahnya, Ust. Heppy Chandra menunjuk salah seorang siswa yaitu Dzacky untuk maju ke depan bersama Ibunda Dzacky. Dzacky diminta untuk secara langsung menyampaikan maaf dan apapun yang ingin Dzacky sampaikan kepada Ibundanya. Dzacky, maupun Ibundanya tak kuasa menahan haru, Dzacky pun menangis dipelukan sang Bunda. Selanjutnya, siswi putri Maisya tanpa ditunjuk, memberanikan dirinya mengangkat tangan dan maju ke depan untuk menyampaikan maafnya secara langsung kepada Ayah dan Bundanya. Lagi-lagi, suasana haru pun terjadi. Seluruh yang hadir di lobby sekolah, siswa, orang tua, maupun guru seolah turut merasakan energi positif betapa eratnya hubungan antara anak dengan orang tua.

Suasana haru tak berhenti sampai disitu, saat kegiatan dilanjutkan dengan Berdzikir Ratib Al Attas bersama, tak sedikit siswa maupun orang tua yang menangis ketika Ust. Muhammad Ibrohim melengkapi zikirnya dengan pembacaan doa. Seluruh yang hadir benar-benar bermuhasabah dibuatnya.

Acara ditutup dengan penyampaian sepatah dua patah kata dari Bu Ningsih Suryawati Daiman, M.Pd. selaku Kepala Sekolah SMP Internat Al Kausar. Yang kemudian mengarahkan para siswa untuk menghampiri orang tua mereka masing-masing, memberikan surat balasan, memohon maaf dan doa secara langsung. Tangis haru pun pecah pada acara ini. Setiap siswa dengan erat memeluk orang tuanya, dengan tulus meminta maaf dan doa juga kepada guru-guru mereka.

Harapannya semoga dengan adanya kegiatan muhasabah ini, siswa dapat mengistirahatkan pikiran, hati, dan fisik, agar memperoleh stamina, energi, gelora, harapan, dan motivasi baru untuk menghadapi UNBK. Aamiin Ya Rabbalaamiin.

IMG-20170430-WA0043

IMG-20170430-WA0033