Sehari menjelang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP, yang akan digelar 23 April 2018, Tim PINTER SMP Internat Al Kausar menggelar acara Muhasabah & Taushiyah dengan menghadirkan Ust Hendra Komara, MA sebagai narasumber. Acara yang dihadiri oleh siswa-siski kelas 9, guru serta pembina, juga dihadiri oleh orang tua/wali siswa kelas 9 peserta UNBK digelar di lobi gedung sekolah.

Pak Aji Marwonto Aris Munandar, S.Si sebagai kordinator PINTER bertindak sebagai pengarah acara. Setelah dimulai dengan pembacaan lafazh basmalah, Muhammad Salman Al Ghiffari siswa asal Sukabumi membacakan ayat-ayat suci Al Quran surat Al Mu’minun. Usai mendengarkan ayat-ayat Al Quran, Pak Aji mempersilakan Ibu Dra Windarningsih selaku kepala SMP Internat Al Kausar untuk menyampaikan sambutan sekaligus laporan persiapan UNBK kepada hadirin. Dalam sambutannya, Bu Windar memaparkan rentetan program persiapan menuju UN dengan nama PINTER (Program Intensif Terpadu) yang dimulai sejak awal tahun ajaran baru 2017-2018 hingga Muhasabah ini sebagai penutup program. Secara umum program PINTER ini dilaksanakan dalam bentuk KBM reguler, bimbel yang bekerjasama dengan I’m Smart, responsi, Training Motivasi, Rihlah, Santunan, dan Muhasabah/Doa bersama. Menurut data Pak Aji, tak kurang dari 1050 soal sudah dibahas oleh anak-anak beserta gurunya masing-maing. Pun demikian dengan persiapan spiritual, selama setahun ini siswa-siswi kelas 9 digenjot untuk terus meningkatkan kebiasaan ibadahnya lebih baik lagi.

Bapak Yasril Umar wali dari Azkiya Rahmadina yang tampil mewakili orang tua/wali kelas 9 juga menyampaikan sambutannya. Pak Yasril menyampaikan rasa terima kasihnya kepada sekolah yang dengan program dan kegiatannya telah sukses membuat putra-putrinya tumbuh lebih dewasa dari usia remajanya. Hal lain yang membahagiakannya adalah wujud kekompakan yang terbangun baik di antara siswa-siswi maupun di antara wali murid meskipun sampai mereka tamat meninggalkan almamaternya.

Usai sambutan wakil orang tua siswa, acara dilanjutkan dengan pembacaan ratib Al ‘Attas yang dipimpin oleh Ustaz Muhammad Ibrohim, S.Sos.I. Ratib yang berisi tilawah Quran, dzikir dan ditutup dengan doa muhasabah cukup membawa suasana yang tenang dan sejuk. Tampak orang tua siswa dengan penuh khidmat membasahi lisannya dengan tilawah dan dzikir. Dengan penuh harap bisa membantu putra-putri mereka dalam menempuh ujian nasional esok. Suasana ini bertambah syahdu tatkala Pak Aji meminta Reza Abdillah dan Maulida Marisa Qonita beserta ibunda mereka untuk membacakan isi surat cinta secara bergantian, sebagai bentuk dukungan dan harapan bagi anak-anak mereka yang akan menempuh ujian. Isak tangis pun mewarnai pembacaan surat tersebut.

Ust Hendra Komara, M.A. dalam taushiyahnya menyampaikan banyak hal seputar tema anak sebagai sebuah takdir Allah SWT bagi orang tuanya masing-masing. Beliau pun menyampaikan betapa beruntungnya menjadi anak yang orang tuanya punya orientasi surgawi sehingga mendidik anak-anaknya agar menjadi manusia soleh sebagaimana harapan Allah menciptakan manusia. Lantas mereka menyekolahkan putra-putrinya di dunia pendidikan religius. Bila sekolah ini unggul dalam pendidikan umum, ini menjadi anugerah tambahan bagi orang tuanya. Ust Hendra berharap, lulusan SMP Internat Al Kausar bukan hanya soleh secara individual, tapi dia memiliki life skill yang menjadikannya pemimpin masa depan.

Agenda Muhasabah diakhiri dengan mushofahah (salam salaman) dan makan siang bersama di kantin Al Kausar. (wah)