Dalam rangka mengasah kompetensi keterampilan dan kemandirian, Tim Scouting Al Kausar Boarding School mengajak siswa kelas VII SMP Internat Al Kausar untuk mengikuti kegiatan hiking pada hari Sabtu, 16 November 2019. Rute perjalanan yang dilalui dimulai dari Kampus Al Kausar dan berakhir di Monumen Palagan Bojongkokosan, Parungkuda.

Seluruh siswa dikelompokkan menjadi 5 kelompok yaitu kelompok Jenderal Soedirman, Tuanku Imam Bojol, Pattimura, Cut Nyak Dien dan Raden Dewi Sartika. Sepanjang perjalanan setiap kelompok harus melalui berapa pos pemberhentian dengan tema yang berbeda, yaitu Lagu Nasional, Navigasi Darat, P3K, Tali Temali, Surival dan Sandi Morse. Di pos Lagu Nasional, setiap kelompok diminta untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Al Kausar dan satu lagu wajib nasional.

Setelah itu mereka harus berjalan melewati jalan yang cukup terjal untuk sampai ke pos 2, yaitu Navigasi. Di pos tersebut siswa diberikan pengetahuan bagaimana menggunakan kompas dan membaca peta. Berlanjut ke pos 3 P3K, siswa dibekali dan diuji pengetahuannya tentang bagaimana proses pertolongan pertama pada kecelakaan kecil seperti kaki terkilir.

Pos selanjutnya yaitu pos keterampilan tali temali disusul dengan pos 5 yaitu pos survival. Di kedua pos ini siswa dituntut untuk bisa melakukan misi evakuasi penyelamatan korban dengan medan yang cukup berat. Dan pos terakhir yaitu pos 6, siswa diberi pengetahuan tentang sandi Morse.

Sebagai bentuk peduli lingkungan, setiap kelompok dibekali satu buah kantong trash bag yang harus mereka isi dengan sampah yang mereka temukan di sepanjang perjalanan mereka. Di pemberhentian terakhir siswa diberikan post test tentang pengetahuan yang mereka sudah dapat dari setiap pos. Dari kelima kelompok terdapat kelompok terbaik yang diberikan reward yaitu kelompok Tuanku Imam Bonjol dan Raden Dewi Sartika. Walau merasakan lelah, tapi para siswa merasakan keseruan dan sangat bersemangat menjalani kegiatan hiking ini. (raw)